Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah Sukses Reza Nurhilman Berbisnis Keripik Dengan Omset Milyaran

bisnis keripik

patahsemangat.web.id - Siapa sih yang tidak tahu keripik? Sepertinya sebagian besar orang Indonesia tahu cemilan yang satu ini. Kalau berbeda biasanya hanya pemyebutannya. Keripik merupakan makanan ringan yang berasal dari umbi-umbian atau buah yang diiris tipis-tipis kemudian digoreng.

Banyak sekali berbagai macam keripik yang bermunculan. Salah satu produk keripik yaitu Keripik Maicih. Apa anda pernah mendengar atau mencoba keripik satu ini? Keripik Maicih merupakan keripik dari bahan singkong yang mempunyai tingkat atau level pedas berbeda-beda.

Keripik Maicih tersebut diciptakan oleh Reza Nurhilman. Pria kelahiran Bandung, 29 September 1987. Reza merupakan anak dari keluarga broken home, sehingga dia tinggal dan diasuh oleh orang tua angkatnya. Pendidikan terakhir Reza hanya lulus SMA, dan dia tidak ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Dia lebih memilih untuk belajar berbisnis daripada melanjutkan kuliah.

Sudah banyak berbagai macam bisnis yang dijalaninya, mulai dari jualan pupuk hingga barang elektronik. Dia mencoba berbagai macam usaha mulai dari 2005 hingga 2009.

Menemukan Ide Bisnis Keripik

Ide berbisnis keripik muncul saat Reza dan temannya pergi ke Cimahi. Saat di Cimahi mereka mencoba keripik lada pedas dari seorang nenek. Reza dan temannya sangat menyukai dan menikmati keripik tersebut.

Kemudian dia menanyakan kepada nenek tersebut tentang rahasia bumbunya. Dengan senang hati nenek tersebut memberikan resep dari keripiknya tersebut. Menurut Reza, keripik buatan nenek itu enak. Hanya saja pemasarannya yang kurang luas membuat keripik tersebut hanya beredar di wilayah tersebut.

Kemudian Reza berniat untuk berbisnis keripik yang berbahan dasar singkong. Memang sudah banyak orang yang membuat keripik singkong. Tapi dia punya trik tersendiri untuk membedakan keripiknya dengan keripik yang lain.

Modal awal untuk membangun keripik tersebut adalah 15 juta. Modal tersebut hanya digunakan untuk biaya produksi. Karena memang dia tidak membuka toko untuk berjualan.

Kemudian dia menamai produknya dengan nama Keripik Maicih. Perbedaan keripik Maicih dengan keripik yang lain adalah tingkat kepedasannya. Keripik Maicih ini punya beberapa level pedas yang berbeda-beda. 

Diawal produksinya keripik tersebut hanya ada lima level pedas yaitu level 1 hingga level 5. Awalnya Reza hanya mampu memproduksi 50 bungkus keripik. Keripik tersebut dijual sendiri oleh Reza secara langsung. Karena dia tidak punya tempat atau toko untuk berjualan. Reza menggunakan media sosial sebagai bahan promosi.

Kenyataannya strategi tersebut berhasil dan banyak orang yang meminati keripik Maicih. Kemudian dia memperbanyak produksinya dan mencari agen untuk ikut memasarkan atau menjual keripik Maicih.

Banyak orang yang menyukai dan penasaran dengan keripik tersebut. Karena banyaknya peminat, Reza kemudian memproduksi keripik hingga 2000 bungkus perharinya. Tidak hanya itu, dia juga menambah level pedasnya hingga level 10. Saking banyaknya yang mencari keripik Maicih, dalam kurun waktu setengah tahun Reza berhasil mendapatkan keuntungan hingga 7 milyar per bulan.

Kemudian Reza terus mengembangkan bisnis keripik Maicih ini dengan membuat sebuah perusahaan yang bernama PT. Maicih Inti Sinergi. Dia juga menambah karyawan untuk memperbanyak produksi keripik.

Hingga sekarang sudah banyak berbagai macam varian produk keripik Maicih ynag diproduksi. Mulai dari keripik Gurilem hingga rasa bakso goreng. Tak hanya keripik, ada juga batagor dan mie maicih yang menjadi produksinya. Anda bisa melihat berbagai macam produk dari Maicih ini di www.maicih.com.

Dengan keberhasilannya tersebut, Reza sekarang sudah menjadi seorang pengusaha sukses. Dengan penghasilan perbulannya yang banyak Reza mampu membeli rumah dan mobil mewah.

Sangat menginspirasi sekali Reza Nurhilman seorang pengusah yang gigih. Meskipun hanya lulusan SMA, tapi dia berhasil berbisnis dan menjadi orang sukses. Dimana hal tersebut merupakan yang diinginkan oleh semua orang. 

Kita semua harus meniru dari kegigihan dan inovasinya yang membuatnya sukses. Berbisnis merupakan kegiatan yang bisa dilakukan oleh semua orang. Tanpa harus menempuh pendidikan tertentu. Baik yang lulusan sekolah, kuliah, bahkan yang tidak sekolah juga bisa sukses dengan bisnis.

Intinya pelajaran yang bisa kita ambil dari kisah ini adalah jangan pernah menyerah dan jangan takut untuk mencoba hal baru. Karena bisa jadi hal baru tersebut yang akan membuatmu sukses.

Baca juga: Pelajaran Hidup dari Warren Buffett