Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik Mengatasi Memori yang Penuh Saat Download di Playstore Tanpa Menghapus Aplikasi

mengatasi memori penuh

Sobat patahsemangat.web.id, pernahkah kamu mendownload sebuah aplikasi di Playstore tapi tidak dapat mendownload aplikasi tersebut karena ruang penyimpanan handphone kamu penuh? Pastinya sudah pernah. Apalagi kalau sepesifikasi hp kamu yang biasa saja pasti sering mengalaminya. 

Begitulah tantangan yang harus dihadapi jika kapasitas ruang penyimpanan kecil. Ketika ingin download aplikasi tertentu tidak bisa karena penyimpanan penuh. Jika ruang penyimpanan penuh maka akan muncul notifikasi tidak mengenakan seperti ini.

mengatasi memori penuh

Tentunya hal tersebut sangat menjengkelkan sekali. Karena kita tidak bisa dengan mudah mendownload aplikasi yang kita inginkan. Jika mau mendownloadnya kamu harus merelakan aplikasi yang lain yang sebelumnya sudah terinstal untuk dihapus.

Baca juga: Cara Mengubah Folder Menjadi Zip atau Rar

Pastinya kamu tidak ingin menghapus aplikasi kesayangan yang sudah kamu download sebelumnya. Ada alternatif lain yang bisa kamu tempuh, yaitu dengan membeli handphone baru yang kapasitas penyimpanannya lebih besar dari handphone kamu sebelumnya. Itu merupakan jalan termudah.

Tapi tidak semua orang bisa melakukan gonta-ganti handphone. Gonta-ganti handphone hanya untuk mereka yang punya banyak uang. Dan mereka tidak akan khawatir ruang penyimpanannya penuh. Karena pastinya mereka punya handphone dengan kapasitas memori yang besar.

Buat kamu yang tidak sanggup untuk membeli handphone baru, masih ada cara lain untuk menginstal di memori yang sudah penuh. Gimana? apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Kenapa memori penuh?

Memori di hp merupakan alat untuk menyimpan berbagai macam file yang ada di hp. Aplikasi yang terinstal di hp juga membutuhkan memori sebagai tempat pemasangannya.

Memori ini sangat penting di sebuah hp. Karena kalau memori penuh, biasanya yang terjadi adalah hp menjadi lambat atau lemot. Hal ini cukup mengganggu bagi mereka yang aktivitasnya di hp. 

Sehingga perlu memilih hp yang memiliki kapasitas memori yang besar supaya bisa menyimpan file lebih banyak. Selain itu kamu juga bisa menambahkan memori eksternal apabila memori bawaan hp penuh. Memori eksternal bisa membantu meringankan penyimpanan.

Mengatasi memori yang penuh saat mendownload di Playstore

Kamu harus menyimaknya dengan baik dan teliti. Jangan sampai ada satu langkah yang terlewat.

1. Silahkan pergi ke pengaturan handphone.

mengatasi memori penuh

2. Pilih menu Aplikasi. Nanti akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

mengatasi memori penuh

3. Cari aplikasi bawaan hp yang jarang digunakan atau kurang berguna.

4. Pilih Copot Pemasangan Pembaharuan.

mengatasi memori penuh

5. Selesai.

Setalah dirasa cukup, kemudian kamu kembali ke Playstore untuk mendownload aplikasi yang sebelumnya ingin kamu donwload. Jika masih belum cukup ruang kamu sebaiknya mengulangi langkah diatas dengan menghapus pembaharuan beberapa aplikasi bawaan hp yang kurang berguna di handphone kamu.

Baca juga: Cara Transfer Saldo Ovo ke Dana Tanpa Ribet

Sekarang pastinya kamu sudah berhasil mendownload aplikasi yang kamu inginkan. Memang segala sesuatu itu butuh pengorbanan. Dan salah satu pengorbanan ketika memori penuh adalah dengan mencopot pembaharuan aplikasi dari pabrik yang kurang berguna.

Banyak sekali aplikasi dari pabrik atau bawaan handphone. Saya dulu ketika membeli handphone banyak sekali aplikasi yang sudah terinstal. Dan aplikasi tersebut banyak yang tidak saya gunakan. Karena memang kebutuhan saya tidak banyak. jadi untuk meringkas dan menambah ruang penyimpanan akhirnya saya mencopot pembaharuan.


Demikian tadi artikel mengenai cara mengatasi memori yang penuh saat mendownload aplikasi di Playstore. Semoga aplikasi ini bisa menbantu kamu untuk mendownlaod aplikasi keinginan kamu. Dan semoga artikel ini bermanfaat untuk semuanya.