Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi Rasa Minder Ketika Bertemu Orang Hebat

Mengatasi Rasa Minder

Pernahkah kamu merasa minder ketika akan bertemu orang yang lebih hebat darimu? orang yang lebih sukses darimu?

Pastinya kamu pernah merasakannya. Bahkan terkadang orang hebat tersebut merupakan orang yang kita kenal. Misalnya teman kita yang jauh lebih sukses dari kita.

Rasa malu dan merasa tidak pantas bertemu menjadi racun dalam seseorang yang minder. Isi kepalanya negatif dengan pertemuan tersebut. Padahal belum tentu orang tersebut akan menghina atau merendahkan kita. Sehingga ada yang perlu diperbaiki dalam diri kita supaya tidak minder bertemu dengan orang yang lebih sukses.

Melawan rasa minder

Untuk melawan rasa minder yang paling mudah kita lakukan adalah dengan mengubah mindset atau pola pikir. Mengubah pola pikir negatif yang ada di otak menjadi pikiran yang positif. Berikut ini ada tips yang bisa kamu lakukan untuk melawan rasa minder.

Jadilah pembelajar

Memposisikan diri sebagai orang yang ingin belajar bisa membuat kamu tidak malu. Seorang pembelajar akan terus mencari ilmu untuk dirinya. Jadikanlah orang yang lebih sukses tersebut sebagai sosok yang bisa kamu dapatkan ilmu darinya. Bukan menjadikannya sebagai seorang pesaing.

Orang yang lebih sukses pasti memiliki sebuah ilmu atau pengalaman yang belum kita miliki. Di situlah mindset seorang pembelajar perlu diterapkan. Ada sebuah ungkapan menarik yaitu jadilah gelas yang kosong ketika bertemu dengan orang lain. Supaya kita bisa siap menampung pelajaran dari orang tersebut. Karena kalau kita membawa gelas yang sudah berisi penuh tidak akan mendapat apa-apa.

Anggaplah dirimu seperti sebuah spons yang siap menyerap pengetahuan sebanyak-banyaknya. Jangan membanding-bandingkan diri anda dengan orang tersebut. Jadikan momen bertemu sebagai sebuah kesempatan untuk anda belajar sebanyak-banyaknya mengenai kesuksesannya.

Dengan memposisikan diri sebagai seorang pembelajar, pola pikirmu akan menjadi lebih positif. Tidak takut dibanding-bandingkan dengan orang lain. Bahkan justru kamu bisa bangga ketika ada orang lain lebih sukses darimu. Kamu bisa lebih mudah membuka hati, bertanya dan belajar darinya.

Baca juga: 3 Penghalang dalam Meraih Harapan

Mulai dari sekarang rubahlah mindset kamu. Yang tadinya apakah dia lebih sukses dari saya, menjadi apa yang bisa saya pelajari darinya. Sehingga pikiran jauh lebih positif dan pastinya hilang rasa mindernya.