Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pelajaran Hidup Sederhana Seperti Warren Buffett

Pelajaran Hidup Sederhana Seperti Warren Buffett

patahsemangat.web.id - Siapa yang tak kenal dengan Warren Buffett? Jika kamu tidak kenal, berarti kamu kurang update tentang dunia luar. Dia sangat terkenal dan banyak dikenal khususnya para investor.

Beliau merupakan inspirasi untuk para investor. Kemampuannya dalam berinvestasi sudah tidak diragukan lagi. Bahkan dia mendapat julukan sebagai bapak investasi dunia. Karena kehebatannya dalam hal investasi.

Meskipun telah sukses dan hebat, beliau tidak sombong. Bahkan Warren Buffett juga membagi ilmu investasinya. Sudah banyak buku yang ditulisnya mengenai investasi dan buku tersebut langsung laris diburu para investor untuk belajar.

Warren Buffett sering masuk dalam daftar orang terkaya di dunia. Kekayaan yang ia miliki menjadikannya sebagai salah satu orang terkaya di dunia. Berdasarkan dari situs berita, jumlah kekayaan yang dimiliki Warren Buffett adalah lebih dari 1000 triliun.

Walau kaya dan bergelimang harta, beliau tidak terlalu memperlihatkan kekayaannya. Dia tetap hidup sederhana layaknya orang pada umumnya. Dia tidak suka menghambur-hamburkan uang. Hal tersebut bisa menjadi contoh untuk kamu yang sudah kaya supaya tetap hidup sederhana.

Untuk itu kamu harus membaca dan meniru apa saja kesederhanaan yang dilakukan oleh Warren Buffett. Mungkin kamu akan kagum dengan sosok yang satu ini.

Baca juga: Cara Menjadi Orang yang Beruntung Setiap Waktu

Hidup Sederhana Ala Warren Buffett

Ada 5 contoh kesederhanaan yang dilakukan Warren Buffett. Kelima list tersebut sudah saya sajikan dan kamu bisa menyimaknya berikut.

1. Tidak Membeli Barang Mewah

Jika biasanya orang kaya suka membeli barang mewah yang harganya mahal, lain halnya dengan Warren Buffett. Pria ini tidak suka membeli atau mengoleksi barang-barang mewah yang kurang berguna atau bermanfaat untuk hidupnya.

Hal tersebut terungkap setelah ada sebuah survey terhadap orang kaya, salah satunya Warren Buffett. Menurut survey tersebut Warren Buffet tidak memiliki barang mewah seperti mobil sport, jet pribadi dan lain-lain.

Menurut Warren Buffet sendiri, barang mewah yang harganya selangit hanya akan membuat leher kamu sakit. Dia lebih memilih menggunakan uangnya untuk menabung atau berinvestasi daripada membeli barang mewah.

Orang kaya tidak perlu menunjukkan dirinya kaya dengan cara membeli barang-barang mewah. Berbanding terbalik dengan kebanyakan orang saat ini. Banyak orang yang memamerkan kekayaannya. Di media sosial kamu akan menemui banyak orang seperti ini.

Entah itu mereka kaya beneran atau hanya flexing supaya terlihat kaya. Cukup membeli barang sesuai kebutuhan dan lebih mengutamakan ke fungsi.

2. Membeli Rumah Sesuai Keperluan

Warren Buffett tidak membeli rumah mewah. Jika kebanyakan orang kaya memiliki rumah yang seperti istana, Warren Buffett justru memilih rumah yang bisa dikatakan sederhana jika melihat dari kekayaan yang dimilikinya. 

Dengan jumlah uang yang dimilikinya, dia mampu untuk membeli tempat tinggal yang lebih mewah. Namun dia tidak melakukannya. Ia lebih memilih untuk tinggal di rumahnya dahulu. Padahal kebanyakan orang ketika memiliki banyak uang akan membeli rumah yang mewah untuk ditinggali.

Tidak perlu mewah-mewah, cukup menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan. Menurut Warren Buffett, membeli rumah yang sesuai kebutuhan dan harganya sesuai adalah cara mengelola uang yang baik.

3. Memprioritaskan Pada Investasi

Warren Buffett merupakan orang yang dikenal karena kemampuan investasi yang dilakukannya. Hal tersebut yang menjadikannya salah satu orang terkaya di dunia. Dia sangat menekuni bidang investasi. Hasilnya sekarang dia menjadi investor sukses.

Warren Buffett lebih memilih menggunakan uangnya untuk berinvestasi daripada membeli barang mewah yang kurang bermanfaat. Dia juga menyarankan kepada para investor untuk tidak menggunakan uang pinjaman untuk berinvestasi. Sebisa mungkin menggunakan uang yang dimiliki sendiri daripada meminjam atau berutang orang lain.

Tak tanggung-tanggung dalam hal berinvestasi, dia rela mengeluarkan uang yang banyak untuk berinvestasi. Tentunya dia sudah membekalinya dengan ilmu investasi yang baik. Berinvestasi itu ada ilmunya. Tidak hanya asal mengeluarkan uang begitu saja. Kalau kamu tidak mempelajarinya terlebih dahulu, malah rugi nanti hasil yang didapat.

4. Tetap Bersedekah

Meskipun Warren Buffett merupakan seorang investor yang pandai mengatur uangnya, namun dia juga tidak lupa untuk berbagi terhadap sesama. Terutama mereka yang membutuhkan. Dia memiliki jiwa yang mulai dan seharusnya dimiliki oleh semua orang kaya di dunia.

Tak tanggung-tanggung dalam berbagi, dia pernah mendonasikan setengah dari kekayaannya untuk beramal. Seorang yang dermawan yang patut untuk ditiru.

Kita harus menyadari bahwa harta yang kita dapatkan itu merupakan sebuah titipan. Ada bagian untuk orang lain yang dititipkan Tuhan melalui kita. Untuk itu, jangan lupa bersedekah ketika mendapatkan rejeki.

Baca juga: Inilah 2 Hal yang Membuatmu Tidak Sukses

Kesimpulan

Itulah tadi 4 contoh hidup sederhana yang dilakukan oleh Warren Buffet. Jangan menghamburkan uang untuk membeli barang yang tidak diperlukan. Membeli barang sesuai dengan kebutuhan. Begitupun dengan membeli rumah. Ketika rumah yang ditempati sekarang masih bagus dan nyaman, tidak perlu membeli rumah mewah baru hingga milyaran.

Jangan lupa untuk berinvestasi. Entah itu berinvestasi pada barang atau berinvestasi pada diri sendiri. Berinvestasi untuk kepala sangat penting. Apalagi pengetahuan saat ini berkembang dengan cepat. Sehingga kita harus mengikuti perkembangan yang ada supaya tidak ketinggalan jaman.

Jangan lupa ketika kamu memiliki rejeki atau harta untuk tetap berbagi dengan orang lain. Terutama orang-orang yang sangat membutuhkan. Karena di dalam harta yang kita dapatkan, terdapat titipan untuk orang lain.

Apakah kamu sudah melakukan salah satu dari keempat yang dilakukan oleh Warren Buffett? Jika sudah maka teruskanlah, tapi jika belum segeralah untuk melakukan hidup sederhana seperti Warren Buffett. Jangan sampai kamu sombong dengan apa yang telah kamu miliki.

Jangan sampai kamu menyesal dikemudian hari karena ulah dari kesombonganmu. Tetaplah rendah hati dan hidup sederhana meskipun kamu punya uang banyak. Tidak perlu memamerkan barang mewah yang kamu punya.

Demikian tadi pelajaran yang bisa diambil dari Warren Buffett. Salah satu orang terkaya yang bisa dijadikan panutan. Semoga ini bisa menjadi contoh untuk kamu tiru. Dan semoga artikel ini bisa menjadi artikel yang bermanfaat untuk semuanya.