Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Podcast dan Penjelasan Tentang Pocast yang Perlu Kamu Ketahui

pengertian podcast

patahsemangat.web.id - Apa itu Podcast? sebuah pertanyaan yang muncul dari orang awam yang belum tahun tentang Podcast. Kamu yang datang kesini pastinya juga penasaran dan ingin tahu tentang Podcast.

Pengertian Podcast

Podcast merupakan audio pembelajaran yang berisi suatu topik tertentu. Podcast memang hanya berupa audio, ya inilah keunggulan dari podcast. Walaupun hanya suara dan tidak ada visualnya tapi cukup menarik untuk dinikmati.

Podcast sudah sangat populer di luar negeri, sebut saja di Amerika. Podcast menjadi hiburan dan pembelajaran yang menarik.

Di Indonesia saat ini sedang ramai orang berlomba-lomba membuat podcast. Mulai dari platform untuk mengupload podcast hingga di Youtube. Ada yang membuat podcast murni konten audio, ada juga yang menambahkan visul juga.

Sehingga sekarang banyak variasi podcast dengan topik yang menarik. Tidak bingung mencari konten yang disukai.

Perbedaan Podcast dan Radio

Mungkin dari kamu ada yang berpendapat kalau podcast itu seperti radio. Memang podcast dan radio menggunakan audio untuk menikmatinya. Tapi podcast dan radio itu berbeda. Kalau di radio, kamu hanya bisa mendengarkan di saluran frekuensi tertentu. Sedangkan di podcast kamu bisa bebas memilih topik yang ingin kamu dengarkan. 

Ada banyak topik yang bisa kamu pilih. Misalnya topik bisnis, management, lifestyle, dan lain-lain. Lalu yang membedakan podcast dan radio adalah jika di radio sudah pasti ada iklan yang biasa muncul beberapa menit sekali. Di podcast tidak ada iklan di tengah acara. Podcast merupakan sebuah rekaman.

Baca juga: 5 Ide Bisnis Mahasiswa yang Tidak Ingin Melamar Kerja

Perkembangan Podcast

Berdasarkan yang saya ketahui, podcast merupakan singkatan dari Ipod Broadcasting. Jika mendengar Ipod pastinya yang ada di fikiranmu yaitu Apple. Memang Apple lah yang mempopulerkan podcast. Sebelumnya podcast hanya bisa dinikmati di Ipod. Namun seiring kepopulerannya, kini berkembang di platform lain misalnya Android, Youtube, dan Spotify.

Saat ini kamu bisa menikmati podcast dengan mudah. Bahkan kini podcast tidak hanya berupa audio, melainkan juga berupa visual. Kamu bisa menikmati podcast yang ada visualnya di Youtube.

Memang enak mendengarkan sebuah podcast. Apalagi topiknya sesuai dengan kesukaan diri sendiri. Walaupun durasinya panjang tetapi tidak bosan untuk menikmatinya. Aku sendiri ketagihan mendengarkan podcast. Biasaanya podcast berdurasi lebih dari 10 menit.

Di Indonesia, nama Adriano Qalbi dijuluki sebagai bapak podcast Indonesia. Adri merupakan orang yang mempopulerkan podcast di Indonesia dengan membuat Podcast Awal Minggu. Kemudian podcast menjadi lebih terkenal ketika dipopulerkan oleh Raditya Dika dan Deddy Corbuzier. Kedua orang tersebut yang mempopulerkan podcast di Youtube. Meskipun dulu banyak pro dan kontra karena tidak sesuai dengan definisi podcast itu sendiri. Namun, sekarang justru banyak Youtuber yang membuat podcast di Youtube. Sehingga podcast menjadi lebih populer.

Keunggulan Podcast

1. Banyak kategori topik 

Kamu tidak perlu bingung mencari kategori podcast, karena ada banyak sekali plihannya. Dan pastiya salah satu kesukaanmu ada. Mualai dari seni, bisnis, pendidikan, dan masih banyak lagi

2. Bisa dinikmati dimana saja

Untuk menikmati podcast kamu cukup menyediakan smartphone yang biasa kamu bawa kemana-mana. Sehingga otomatis kamu juga bisa menikmati podcast dimasaja. Cukup menggunakan smartphone dan headset.

3. Tidak ada iklan seperti di radio

Di podcast kamu bisa mendengarkan materi yang kamu pilih tanpa jeda iklan di tengah-tengahnya. Kalau di radio tentunya kamu akan mendengarkan iklan di sela-sela acara.

4. Terdiri dari beberapa episode

Podcast biasanya terdiri dari beberapa episode-episode. Tiap episodenya membahas berbeda-beda. Kamu bisa mendengarkan semua episodenya atau memilih episode yang menurut kamu menarik.

5. Bebas memilih topik yang diinginkan

Inilah kelibihan podcast, kamu bisa memilih topik sesukamu. Pilihan topiknya yang banyak ditambah bisa memilih sesuka hati tentunya menjadi idaman semua orang.

Gimana? setetalah membaca penjabaran diatas apakah kamu tertarik untuk menikmati podcast?

Kamu bisa menikmati podcast dengan mendownload aplikasinya. Ada beberapa aplikasi baik yang gratis maupun yang berbayar. Atau kamu bisa mencari podcast di Youtube. Tapi podcast yang berbahasa Indonesia belum terlalu banyak. Tidak sebanyak di Amerika. Tapi itu bukan halangan untuk tidak menikmatinya. Silahkan mencoba dan semoga ketagihan. Atau mungkin kamu mau menjadi pembuat podcast justru lebih baik.