Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Transportasi Mudik dan Liburan yang Paling Banyak Digunakan

Transportasi Mudik dan Liburan

Transportasi yang banyak digunakan saat liburan yang sobat patahsemangat.web.id harus ketahui. Setiap tahun pasti ada libur panjang. Misalnya saat bertepatan dengan hari raya dan tahun baru. Libur panjang sangat di nanti-nanti oleh semua orang. Terutama bagi para perantau yang ingin pulang ke kampung halamannya. Ada juga yang hanya berlibur ke luar kota.

Jadwal libur panjang pasti terjadi setiap tahunnya. Libur lebaran menjadi biasanya memiliki jangka waktu yang panjang. Sehingga momen tersebut cocok untuk pulang ke rumah atau berlibur. Libur lebaran tersebut dimanfaatkan oleh para perantau untuk pulang kampung. Tentunya untuk berkumpul menghabiskan waktu dengan keluarga tercinta. 

Memang, libur lebaran merupakan momen yang tepat untuk berkumpul dan silaturahmi dengan keluarga. Momen tersebut bisa menjadi refreshing dari masalah pekerjaan. Itulah sebabnya setiap libur mudik lebaran selalu ramai.

Lebaran merupakan momen yang ditunggu-tunggu banyak orang. Mereka rela berbondong-bondong untuk pulang kampung bertemu dengan keluarga. Banyak orang yang sudah menyiapkan rencana untuk mudik lebaran dari jauh-jauh hari. Merencanakan agenda apa yang akan dilakukan di kampung halaman, bahkan mempersiapkan transportasi yang akan digunakan ketika mudik nanti.

Transportasi untuk mudik memang harus diperhatikan. Karena setiap transportasi memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Ditambah lagi arus mudik yang selalu ramai setiap tahunnya. Sehingga tak jarang terjadi kemacetan panjang di jalan. Di tempat pemberhentian transportasi juga sering terjadi penumpukan.

Tentunya kamu tidak ingin terjebak di situasi macet atau penumpukan penumpang tersebut. Hal tersebut sangat menguras tenaga dan waktu kamu.

Untuk itu saya kali ini akan memberikan ulasan tentang transportasi yang banyak digunakan saat liburan mudik lebaran. Sehingga kamu bisa menyiapkan rencana jauh-jauh hari.

Banyak sekali pilihan yang bisa kamu gunakan untuk mudik. Mulai dari kendaraan pribadi hingga kendaraan umum.

Baca juga: Kenapa Orang Cerdas Gagal Meraih Potensinya?

Transportasi libur mudik lebaran

Berikut ini beberapa transportasi yang bisa kamu gunakan untuk mudik pulang kampung.

1. Pesawat

Transportasi Mudik dan Liburan

Pesawat merupakan kendaraan yang bisa kamu gunakan untuk menghantarkan ke kota atau tujuan liburanmu. Dengan menggunakan pesawat waktu yang kamu gunakan untuk menempuh tujuan cukup singkat. 

Transportasi pesawat cocok digunakan buat kamu yang tidak ingin lama-lama dan ingin cepat sampai ke tujuan. Kamu tidak akan merasakan kemacetan di sepanjang jalan dan tidak akan berdesakan dengan penumpang lain. 

Namun untuk menggunakan pesawat kamu harus menggunakan biaya yang tidak sedikit. Transportasi ini memiliki tarif yang lebih mahal dengan transportasi lainnya. Hal tersebut akan terbayar dengan kenyamanan dan kecepatan waktu yang diberikan. Jadi, jika kamu punya uang yang banyak kamu bisa menggunakan transportasi ini untuk menghantarkanmu ke tempat tujuan lebih cepat.


2. Kapal Laut

Transportasi Mudik dan Liburan

Kapal Laut juga biasanya sering digunakan orang untuk berlibur atau pulang kampung. Terutama bagi mereka yang tempat tinggalnya berbeda pulau. Hal ini wajar karena Indonesia ini adalah negara kepulauan. 

Banyak orang yang merantau ke pulau lain untuk bekerja. Sehingga ketika libur panjang tiba mereka pulang ke pulau kelahirannya.

Kapal Laut juga digunakan banyak orang untuk menuju ke tempat wisata yang berbeda pulau. Setiap libur panjang seperti libur lebaran, tempat wisata pasti selalu ramai . Biayanya juga tidak semahal pesawat. Jadi, bisa digunakan alternatif untuk mudik atau liburan.


3. Kereta Api

Transportasi Mudik dan Liburan

Kereta api selalu menjadi pilihan untuk mudik atau pulang kampung. Transportasi ini selalu membludak penumpangnya pada saat liburan tiba. Banyak orang memiliki menggunakan kereta api untuk mudik dalam satu pulau. Terutama yang ada di pulau Jawa dan Sumatera, kereta api menjadi transportasi pilihan untuk menghantarkan ke tempat tinggal. 

Kereta api menjadi pilihan banyak orang karena punya jalur sendiri. Sehingga tidak ada kata macet dan pastinya tepat waktu. Tapi sayangnya kereta api hanya bisa dinikmati di pulau Jawa dan Sumatera. Karena jalur keretanya hanya ada disitu.

Penertiban kereta dan pelayanan yang semakin bagus, membuat transportasi ini menjadi semakin banyak diminati banyak orang. Kenyamanannya semakin meningkat dibandingkan kereta api dahulu. Ada banyak pilihan jenis kereta yang bisa kamu pilih. Mulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif. Masing-masing kelas memiliki kelebihannya masing-masing.

Tarif kereta api juga lebih murah dibandingkan dengan pesawat. Sehingga ini bisa menjadi pilihan alternatif untuk mudik dan liburan. Setiap libur panjang tiba, biasanya selalu ada penambahan kereta untuk mengatasi penumpukan pengunjung saat libur tiba. Karena berdasarkan pengalaman sebelumnya, banyak orang yang tidak mendapatkan tiket kereta.


4. Bus

Transportasi Mudik dan Liburan

Transportasi umum yang bisa kamu gunakan untuk mudik dan liburan adalah menggunakan bus. Bus pilihan untuk menghantar penumpang ke tempat tinggal dan tujuan liburan. Kelebihan dari bus adalah harganya lebih murah dibandingkan dengan transportasi umum lainnya. 

Buat kamu yang ingin menghemat uang, bus bisa menjadi pilihan untuk menghantarkan ke tempat tinggal. Apalagi ketika libur menjelang lebaran, banyak penambahan bus untuk mengangkut penumpang mudik. Selain itu juga banyak promo pada saat itu. Jadi buat kamu yang ingin liburan tidak terlalu jauh kamu bisa memanfaatkan bus sebagai transportasi. Dengan menggunakan bus kamu juga bisa menghemat biaya liburanmu.


5. Mobil Pribadi

Transportasi Mudik dan Liburan

Terakhir untuk mudik lebaran adalah menggunakan mobil pribadi. Mungkin ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang memiliki mobil sendiri. Kalau kamu tidak punya mobil jangan memaksakan untuk beli mobil hanya untuk mudik. 

Mobil pribadi banyak digunakan orang-orang untuk perjalanan jauh seperti mudik atau liburan. Karena mobil bisa lebih privat diisi dengan keluarga saja. Ketika menggunakan mobil juga bisa bebas berhenti kapan saja. Berbeda dengan dengan transportasi umum yang mana terdapat banyak orang dan harus patuh aturan transportasinya.

Walaupun biasanya ketika menggunakan mobil sering terjebak kemacetan pada saat mudik. Namun sekarang sudah ada jalan tol trans yang menghubungkan dari ujung ke ujung pulau. Sehingga bisa meminimalisir kemacetan yang terjadi. Tapi kamu harus mengeluarkan uang setiap perbatasan tol.

Ketika membawa mobil, kamu harus pandai mengatur waktu untuk istirahat. Karena perjalanan panjang tentu sangat melelahkan. Jangan sampai kamu kelelahan dan tidak fokus saat menyetir mobil. Karena itu bisa membahayakan kamu dan orang lain. Pastikan sebelum berangkat, selalu mengecek keamanan mobil kamu. Supaya tidak ada kendala di perjalanan nantinya.

Baca juga: 5 Produk yang Paling Sering Dibeli Secara Online

Penutup

Itulah tadi transportasi yang sering digunakan orang untuk mudik dan liburan saat libur panjang. Bagaimana apakah kamu sudah punya pilihan transportasi untuk mudik?

Jika belum, segera pikirkan dari sekarang. Jangan sampai kamu telat mengambil pilihan dan kehabisan tiket. Semua transportasi pasti ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, kamu harus pandai memilih transportasi apa yang cocok untuk kamu. Jangan sampai kamu menyesal karena salah menggunakan transportasi.

Pastikan pilihan transportasi tersebut sesuai dengan uang saku kamu. Jangan memaksakan untuk sesuatu yang hanya sesaat. Jangan sampai uangmu terkuras habis. Karena mudik dan liburan akan membuatmu uangmu habis dengan tidak terasa. Kamu harus bisa mengendalikan emosi dalam menganggarkan uang.

Demikian info dan tips yang saya bisa sampaikan. Semoga kamu bahagia saat mudik dan liburan. Selalu hati-hati dan waspada di tempat yang ramai. Utamakan keamanan dan keselamatan.