Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Mendaftar dan Memasang Google Analytics

cara memasang google analytics

Seorang blogger pasti tahu yang namanya Google Analytics. Sebuah tool yang banyak digunakan blogger untuk memantau lalu lintas blognya. Sebenarnya ini bukan merupakan tool wajib yang harus digunakan, kamu tetap bisa menulis di blog tanpa menggunakan tool ini. Lalu kenapa saya bilang harus dipasang di blog? Karena layanan ini akan mempermudahmu dalam memantau blog. Sehingga bisa membantu kamu dalam mengembangkan sebuah blog.

Google analytics sendiri merupakan salah satu layanan dari Google yang tugasnya menampilkan statistik pengunjung sebuah situs. Data yang diberikan juga cukup lengkap. Dengan layanan ini kamu akan semakin mudah dalam memantau blogmu. Dan kamu juga bisa melihat perkembangan blogmu. 

Keistimewaan menggunakan Google Analytics adalah tidak ada biaya yang perlu dikeluarkan alias gratis. Jadi, kamu nggak perlu mengeluarkan uang sepeserpun. Tunggu apalagi segera pasang di blog untuk memantai lalu lintas pengunjung.

Buat kamu yang ingin memasang Google Analytics tapi tidak tahu caranya, tenang saja. Disini saya akan memberikan panduan dari mulai mendaftar hingga memasangnya ke blog. Saya juga memberikan gambarnya supaya lebih mudah. Mari simak cara termudah mendaftar dan memasang kode Google Analytics.

Cara Mendaftar Google Analitycs

1. Silahkan menuju situs google analytics.

2. Masuk dengan akun gmail.

3. Klik tombol "sign up" disebelah kana. Gambarnya seperti dibawah ini

memasang google analytics

4. Pilih menu Website dan isi semua formulir dengan lengkap.

memasang google analytics

5. Jika sudah mengisi formulir lalu scroll kebawah dan klik dapatkan ID pelacakan.

6. Nanti akan untuk peraturan yang anda harus patuhi.

memasang google analytics


7. Klik "I ACCEPT".

8. Proses pendataran sudah selesai, berikutnya proses pemasangan.

Cara Memasang Kode Google Analitycs pada Blog

Ada beberapa cara untuk memasang kode tracking Google Analytics ini. Gunakan salah satu cara, jangan keduanya. Saya juga mencoba nya salah satu yang pastinya pakai cara yang paling mudah.

Tutorial yang saya berikan ini untuk platform blogspot karena saya juga menggunakan platform ini. Saya tidak tahu cara memasang di Wordpress karena saya tidak menggunakannya. Jadi mohon maaf buat kamu yang menggunakan wordpress. Baiklah mari kita simak cara termudah memasang kode Google Analytics pada blog..

Cara termudah:

  • Ambil kode analityc di menu admin > setelan properti.

  • memasang google analytics

  • Pergi ke menu setting/pengaturan.

  • Kemudia pilih Order/lainnya.

  • Patekan kode ID di kolom ID Properti Web Analitic seperti gambar dibawah ini.

memasang google analytics

Baca juga: Cara Memindahkan Menu Social Share Template Evo Magz

Demikianlah tutorial cara mendaftar dan memasang Google Analytics di blog. Sebenarnya cara memasang kode Google Analytics tidak hanya dengan cara seperti diatas. Ada satu cara lagi yang bisa kamu gunakan. Namun, saya hanya memperlihatkan kepada kamu satu cara seperti tutorial diatas. Karena saya tidak ingin membingungkan kamu dengan banyak cara. Yang saya pilih dan tunjukkan ini adalah cara termudah. Jadi, saya jamin kamu tidak akan kesulitan memasang Google Analytics ini. Selamat, websitemu sudah terpasang Google Analytics, sekarang kamu bisa memantau websitemu.