Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Ide Channel Youtube Tanpa Bicara atau Suara

10 Ide Channel Youtube Tanpa Bicara atau suara

Membuat channel Youtube yang isi kontennya tanpa bicara merupakan sebuah pilihan bagi orang yang tidak ingin banyak bicara di depan kamera. Jenis konten Youtube saat ini sangat bervariasi. Sehingga tidak perlu takut lagi konten kamu tidak ada marketnya.

Jumlah pengguna Youtube saat ini sudah milyaran orang. Di Indonesia sendiri juga sangat banyak sekali. Bahkan setiap hp pasti sudah ada aplikasi yang bernama Youtube. 

Perkembangan internet yang menyebar begitu pesat menjadi alasan media dan platform digital tumbuh. Saya kira mencari wifi di suatu daerah tidak terlalu sulit.

Menjadi Youtuber merupakan sebuah pilihan yang bisa dipilih oleh siapapun. Tidak memandang latar belakang pendidikan maupun status sosial. Semua orang bisa menjadi Youtuber. Bahkan cukup menggunakan hp dan koneksi internet, kamu sudah bisa membuat sebuah video yang diupload ke Youtube. Tidak ada alasan lagi untuk memulai membuat channel dan memproduksi konten-konten yang menarik.

Baca juga: Kesalahan Youtuber Pemula yang Harus Kamu Tahu

10 Ide Channel Youtube Tanpa Bicara

Berikut ini merupakan ide channel yang bisa kamu buat kalau kamu tidak ingin bicara di depan kamera. Sehingga kamu tidak perlu repot untuk menampilkan wajah atau bicara di depan kamera.

1. ASMR

ASMR ini merupakan sebuah konten makan. Ciri khas dari konten ini adalah suara orang mengunyah makanan. Jadi, semakin jelas suara mengunyah, viewers akan menyukainya. Buat kamu yang suka makan, bisa mencoba membuat channel semacam ini. Kamu tidak perlu bicara di depan kamera. 

Tapi, tetap harus mempersiapkan audio untuk mereka suara saat mengunyah makanan. Karena memang disitulah poin utamnya. Konten-konten ASMR ini banyak dilihat orang. Mereka merasa ketika menonton konten tersebut bisa menggugah selera makan.

2. Gaming

Aku mengamati channel gaming itu ada 2 jenis. Jenis pertama yaitu main game untuk hiburan atau entertain dan yang kedua yaitu memperlihatkan gameplay.

Untun channel gaming hiburan itu biasanya membutuhkan kata-kata dan ekspresi wajah untuk menambah hiburan. Sedangkan bagi kamu yang tidak terlalu bisa hal tersebut, bisa memilih opsi yang kedua.

Kamu tidak perlu ngomong, cukup perlihatkan kemampuanmu dalam menaklukkan game tersebut. Skill tinggi dan cara bermain yang keren akan memikat penonton datang untuk menonton.

3. Music Channel

Maksudnya gimana? channel musik kok nggak pakai suara?

Jawabannya ada. Bahkan banyak di Youtube. Kamu kira video musik karaoke itu ada suaranya? tentunya tidak. Silahkan kamu ketika di Youtube dengan kata kunci "musik karaoke", nanti akan muncul banyak jenis video yang tidak ada vokalnya.

Selain itu, ada juga video musik yang tanpa ada vokalnya. Misalnya seperti video musik Lo-fi dan musik instrumen untuk suasana hati.

4. Timelapse

Video timelapse ini merupakan sebuah video yang merekam sebuah pergerakan atau perubahan objek dalam rentang waktu tertentu. Biasanya, video timelapse itu kameranya diam. Sehingga yang bergerak itu objeknya.

Apabila di tempat kamu terdapat objek yang menarik untuk dijadikan video timelapse, kamu bisa mencobanya. Contoh objek yang sering digunakan yaitu langit, jalan raya, dan sebagainya. Video timelapse tidak perlu bicara atau dubbing. Cukup menggunakan backsound sudah cukup.

5. Memasak

Skill memasak sangat bisa untuk dijadikan sebuah konten untuk Youtube. Tidak harus seperti konten di tv yang menjelaskan menggunakan verbal. Kamu bisa membuat konten memasak tanpa suaran penjelasan dan bahkan tanpa wajah.

Penjelasan mengenai langkah demi langkah bisa kamu buat text singkat yang ditampilkan di layar. Selebihnya memperlihatkan proses memasak yang kamu lakukan.

6. Konten DIY

Buat kamu yang memiliki ide-ide unik dalam memecahkan masalah sehari-hari, bisa membuat jenis konten DIY. Sebuah konten yang memberikan solusi maupun alternatif tentang permasalahan tertentu. Misalnya membuat membuat alat pembuka botol, membuat mejadi dari bahan yang mudah ditemukan, dan masih banyak lagi.

Tidak harus hal yang rumit, solusi yang sederhana juga bisa dijadikan sebuah konten. Kamu tidak harus menampilkan wajah dan suara. Cukup memperlihatkan bagaimana membuat sebuah alat untuk membantu memecahkan sebuah masalah.

7. Tutorial dengan Screen Recorder

Video tutorial ternyata bisa dibuat tanpa wajah maupun suara. Karena saat ini sudah ada aplikasi perekam layar.

Tutorial semacam ini biasanya digunakan untuk memberikan tips dan trik sebuah aplikasi. Baik di hp maupun laptop juga bisa diterapkan, asalkan ada aplikasi perekam layarnya. Supaya lebih menarik, video semacam ini diberikan backsound yang bisa dicari di Youtube Music Library.

8. Unboxing

Aku sempat melihat sebuah channel dengan konten unboxing tanpa suara dan wajah. Hanya memperlihatkan tangan dan barang yang akan di unboxing. Views nya juga banyak. Sehingga ini bisa menjadi potensi untuk diikuti. 

Setelah aku amati, kebanyakan orang menonton video jenis ini karena barang tersebut langka atau aneh. Karena orang akan tertarik dengan sesuatu yang tidak mereka miliki. Jadi, buat kamu yang ingin membuat konten unboxing, sebaiknya memilih suatu barang yang langka atau aneh.

9. Hewan Peliharaan

Hewan peliharaan sangat berpotensi untuk dibuat sebuah konten. Bukan bermaksud mengeksploitasi hewan, tapi untuk mengabadikan pertumbuhan dan tingkah lakunya yang lucu.

Market hewan peliharaan ini sangat luas sekali. Banyak pecinta hewan yang butuh referensi perawatan hewan dan ingin melihat tingkat lucu hewan. Cukup rekam hewan dan ditambah backsound sudah bisa dinikmati. 

10. Kompilasi

Buat kamu yang males membuat konten yang terlalu rumit, konten kompilasi video bisa jadi solusinya. Hanya membutuhkan potongan video lalu digabung menjadi satu. Ini merupakan konten yang menurutku paling mudah dan tidak terlalu mengeluarkan modal. Bahkan cukup dengan hp saja sudah bisa. Kamu hanya butuh meluangkan waktu untuk mencari video dan mengeditnya.

Namun, channel semacam ini sangat rawan hilang. Karena tidak memakai video original sendiri. Sehingga kalau ketahuan pemiliki video, mereka akan melaporkannya. Maka dari itu, kamu harus memikirkan jangka panjangnya.

Baca juga: Aplikasi Edit Video di HP Terbaik

Penutup

Itulah tadi 10 ide channel Youtube tanpa bicara yang bisa kamu buat. Tidak ada alasan lagi takut menjadi kreator. Banyak jenis konten yang bisa kamu buat sesuai dengan kemampuan dan passion. Hardware tidak perlu bagus. Gunakan alat seadanya yang kamu miliki. Banyak kreator yang sudah membutktikan bahwa tidak perlu nunggu gadget bagus untuk membuat sebuah konten.

Semakin kamu menunda, maka semakin banyak orang lain yang memulai dan mendahuluimu. Sehingga persaingan pastinya akan terus meningkat. Kamu harus menginjakkan kaki di sebuah tempat tersebut untuk mengetahui dan memulai bersaing sejak dini. Jangan menunda-nunda. Segera mulai setalah membaca artikel ini.