Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tips Menghemat Uang untuk Mahasiswa

Menghemat Uang untuk Mahasiswa

patahsemangat.web.id - Menjadi seorang mahasiswa tentunya harus bisa menjadi pribadi yang mandiri. Salah satunya yaitu dalam hal pengelolaan uang. Karena hidup di kota rantau harus pandai-pandai mengelola uang untuk menjaga keberlangsungan hidup.

Sebagai seorang mahasiswa, harus bisa berhemat. Jangan sampai tergiur dengan kehidupan hedon di kalangan mahasiswa lainnya. Pemborosan merupakan awal bencana yang akan terjadi selanjutnya. Jadi, jangan sampai boros, lakukan penghematan.

Cara Mudah Menghemat Uang untuk Mahasiswa

Setidaknya ada 10 tips yang bisa kamu lakukan untuk menghemat uang. Tips ini cocok bagi seorang mahasiswa sepertimu. Berikut adalah tips menghemat uang untuk mahasiswa.

Baca juga: Bisnis Sampingan yang Cocok untuk mahasiswa

1. Menahan Hasrat Berbelanja

Sebagai seorang mahasiswa yang hidup di kota, godaan untuk belanja sangat tinggi. Apalagi kalau hidup jauh dari orang tua. Kamu harus pandai-pandai dalam membeli kebutuhan. Barang dan makanan menjadi daya tarik bagi seorang mahasiswa.

Rayuan diskon yang diberikan, membuat hasrat untuk membeli bergejolak. Padahal tadinya hanya ingin membeli kebutuhan pokok. Tiba-tiba keinginan bertambah untuk membeli barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.


2. Kurangi makan-makanan cepat

Kita tahu sendiri bahwa makanan cepat saji kalau dikomsumsi terus-menerus tidak bagus bagi kesehatan. Selain tidak bagus bagi kesehatan, makanan seperti itu juga bisa mengurang uang. Kamu bisa bandingkan sendiri berapa harga makanan cepat dengan makanan di warung makan. 

Adanya fitur Go Food dan Grab Food membantu memudahkan dalam membeli makanan cepat saji. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa. Apakah mampu menahan notifikasi voucher diskon yang muncul di layar hp atau tidak. Sebaiknya matikan saja notifikasinya supaya tidak tergiur dengan promonya.


3. Belajar masak sendiri

Hidup sendiri harus memiliki skill yang lebih banyak. Mau tidak mau harus belajar sesuatu hal yang sebelumnya tidak pernah dilakukannya. Tujuannya untuk meminimalisir pengeluaran uang.

Salah satu skill yang harus dipelajari adalah memasak. Dengan memiliki kemampuan ini, bisa meminimalisir pengeluaran kamu.

Tidak harus bisa masak yang sulit-sulit. Bisa menanak nasi saja sudah cukup untuk mengehmat uang. Kemudian untuk lauknya bisa beli. Apabila kamu bisa memasak lauk, itu jauh lebih baik lagi.


4. Kurangi bermain game yang menguras duit

Saat ini sedang ramai game-game mobile. Untuk memainkannya dibutuhkan koneksi internet. Game online bisa membutuhkan kuota internet yang lebih banyak. Dan itu bisa menambah pengeluaran kamu.

Game sekarang juga banyak yang menguras duit. Misalnya untuk top up membeli skin, sejata, dan gift yang ditawarkan lainnya. Tentunya ini sangat memikat bagi pemain game tersebut. Sehingga perlu menahan diri untuk tidak menghambur-hamburkan uang hanya untuk kesenangan bermain game. Yang lebih parah lagi bermain game-game slot yang memacu pemain untuk top up.


5. Hindari kebiasaan berhutang

Berhutang bisa menjadi bola salju kalau tidak cepat-cepat disadari. Awalnya hanya hutang sedikit, kemudian tidak terasa menumpuk. Sehingga membuat pusing membayar dengan jumlah yang besar. Alangkah baiknya kalau memang tidak mampu membeli suatu barang jangan memaksa dengan berhutang. Karena biasanya, ketika seseorang mencoba sekali berhutang, bisa memicu untuk terbiasa berhutang. Tentunya ini bukan kebiasaan ang baik.

Saat ini yang menggiurkan adalah fitur paylater di marketplace. Fitur tersebut bisa menjerumuskan kamu untuk membeli barang dengan angsuran. Apalagi dengan banyaknya promo yang mereka tawarkan dengan paylater. Jadi, hindarilah berhutang. Kalau belum pernah merasakan berhutang, jangan pernah mencobanya.


6. Jangan foya-foya awal bulan

Mahasiswa mayoritas masih bergantung kepada orang tuanya mengenai biaya hidupnya. Sebuah kebahagiaan apabila mendapat kabar orang tua mengirim uang. Namun, ada kebiasaan buruk mahasiswa ketika mendapat kiriman uang dari orang tuanya. Hasrat untuk berfoya-foya akan muncul pada saat itu.

Kemudian membeli barang semaunya. Apa yang dinginkan dibelinya. Karena merasa memiliki uang yang banyak. Namun, ketika akhir bulan, mereka akan merasakan akibat dari foya-foya di awal bulan. Uang habis, bingung berhemat untuk sisa hari kedepannya.


7. Cari tempat tinggal dekat kampus

Mencari kos atau kontrakan dekat kampus bisa membuat hemat uang. Karena tidak perlu mengeluarkan uang untuk transportasi ke kampus. Uang bisa dihemat atau dialihkan ke kebutuhan lain.

Namun, biasanya kos yang dekat kampus itu biayanya sedikit mahal dibandingkan yang jauh dari kampus. Itulah dilemanya ketika memilih kos atau kontrakan. Tapi, jauh lebih enak yang dekat kampus, meskipun lebih mahal sedikit. Karena kalau jauh dari kampus harus setiap hari mengeluarkan uang untuk transportasi. Entah itu ojek, angkot, atau sepeda motor sendiri. Kalau menggunakan sepeda motor tentunya lebih banyak pengeluaran lagi. Karena harus mengeluarkan biaya perawatan dan bahan bakar motor.


8. Hindari Merokok

Melihat teman-teman tongkrongan di kampus pada merokok semua, pastinya sangat menggoda untuk ikut merokok. Lama-lama kecanduan merokok. Setiap hari mengeluarkan uang untuk membeli rokok. Kalau dihitung-hitung, rata-rata harga 1 bungkus rokok bisa digunakan untuk membeli 1 bungkus makanan. 

Ketika merokok sudah menjadi sebuah kebiasaan sehari-hari, maka tidak terasa uang terus-menerus berkurang untuk membeli rokok. Kalau ingin berhemat, sebaiknya berhentilah merokok. Memang ini akan terasa sulit bagi mereka yang sudah terbiasa merokok. Namun, rokok itulah yang tidak terasa membuat uangmu habis.


9. Kerja Freelance

Cara bagi mahasiswa untuk menghasilkan uang adalah dengan kerja freelance atau part time. Manfaat skill yang kamu miliki. Jangan sia-siakan waktu hanya untuk rebahan di kost. Apabila waktu luangmu banyak, cobalah untuk kerja freelance atau part time.

Jika, tidak punya skill, setidaknya punya kemauan untuk belajar suatu skill terlebih dahulu. Investasikan waktu untuk belajar sebauh skill diluar jurusan kuliah. Sehingga nantinya skill tersebut bisa digunakan untuk mencari uang saku tambahan.


10. Mencatat semua pengeluaran

Mencatat sebuah pengeluaran merupakan hal yang menakutkan. Karena saat itu kamu akan melihat jumlah pengeluaran. Dengan begitu kamu bisa lebih memperhitungkan lagi untuk mengeluarkan uang. Tidak menghambur-hamburkan uang dengan sembarangan. Karena melihat banyaknya uang yang sudah kamu keluarkan minggu atau bulan ini.

Baca juga: Inilah 2 Hal yang Membuatmu Tidak Sukses

Itulah tadi 10 tips yang bisa kamu terapkan untuk menghemat uang. Menjadi mahasiswa yang hidup jauh dari orang tua harus pandai berhemat dan mengatur keuangan sendiri. Apalagi kalau masih bergantung dengan pemberian orang tua. Jangan sampai boros, lalu memberatkan orang tua.