Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Mengetahui Bakat yang Terpendam, Wajib Dicoba

cara mengetahui bakat

cara mengetahui bakat - Bakat merupakan kemampuan khusus yang dimiliki seseorang. Setiap individu memiliki bakat masing-masing.

Banyak yang memperdebatkan tentang bakat apakah bawaan dari lahir atau bisa diciptakan sendiri. Namun pada intinya kalau orang berbakat kemudian dilatih akan menghasilkan suatu yang luar biasa.

Pengertian Bakat

Banyak orang yang mengatakan bahwa bakat adalah kemampuan dari lahir. Tapi bukan berarti dari lahir lalu langsung hebat dalam hal tertentu. Namun, setiap orang yang lahir di dunia pasti memiliki kecenderungan atau kesukaan terhadap suatu hal tertentu. Kesukaan tersebutlah yang kalau diasah akan menghasilkan hasil yang luar biasa.

Pernahkah kamu mendengar ada orang yang memuji, "wah, kamu bakat bernyanyi, suaramu enak". Padahal orang tersebut tidak pernah melatih kemampuannya. Tapi sudah memiliki bekal suara yang bagus. Apabila itu dilatih akan menghasilkan kemampuan menyanyi yang luar biasa. Itulah yang dimaksud bakat.

Bakat itu ada dari kecil. Namun jarang orang yang menyadari bakatnya. Sehingga tidak pernah mengasah bakat tersebut. Akhirnya bakat tersebut hilang. Untuk itu anda harus segera mengetahui bakat anda. Kecenderungan anda dalam bidang apa.

Baca juga: Cara Mengubah Nasib Menjadi Kaya

Cara Mengetahui Bakat Alami

Berikut adalah cara yang bisa anda lakukan untuk mengetahui bakat anda.

1. Merenung untuk Introspeksi

Merenung bukan berarti menyesali diri. Merenung dalam hal ini adalah untuk introspeksi diri. Memahami tentang diri anda. Apa yang pernah anda lakukan selama ini. Lalu kecenderungan apa yang anda sukai selama ini.

Amati satu persatu hal yang sering anda lakukan. Carilah hak yang anda bahagia ketika melakukannya. Tanyakan pada diri anda. Niscaya anda akan menemukan jawabannya.

2. Belajar Semua Hal

Anda ketika sekolah disuruh untuk mempelajari banyak mata pelajaran. Dari situlah anda akan tahu pelajaran apa yang disukai dan yang tidak disukai.

Sama seperti menemukan mata pelajaran, mengetahui bakat yang terpendam sebaiknya belajar banyak hal. Sehingga nanti bisa tahu ketertarikan dan keterampilan dasar yang dimiliki.

3. Tanya ke Teman

Istilah malu bertanya sesat di jalan memang benar adanya. Kalau memang tidak tahu sebaiknya bertanya kepada orang lain. Jangan pernah malu atau gengsi untuk bertanya kepada teman terdekat. Karena pada dasarnya kita tidak bisa menilai diri sendiri. Yang bisa menilai kita adalah orang lain. Tidak ada salahnya kita meminta saran atau sharing dengan teman. Masukan dari orang lain bisa kita jadikan rujukan untuk mengembangkan bakat.

4. Mencoba Langsung

Kita tidak akan pernah tahu ketika kita tidak mencobanya. Apalagi sebelumnya sudah belajar tentang banyak hal, tinggal langkah selanjutnya praktek. Dari situ anda akan tahu apakah nyaman dengan bidang tersebut atau tidak. Coba praktekkan semua keterampilan yang membuat anda tertarik. Lalu amati dan evaluasi.

5. Cari Guru untuk Berlatih

Terkadang orang tidak bisa maksimal belajar suatu keterampilan bukan karena tidak berbakat, melainkan karena tidak tahu harus memulai darimana. Sehingga diperlukan seorang guru untuk menuntun dan mengarahkan harus berlatih mulai darimana. Belajar otodidak memang sangat berat sekali. Anda harus menyiapkan semangat dua kali lipat untuk konsisten berlatih. Sedangkan kalau ada guru biasanya bisa lebih memotivasi karena memiliki tanggung jawab dengan orang lain. Kita juga tidak perlu pusing besok belajar apa. Karena sudah ada yang membimbing.

6. Buat Jadwal dan Catatan

Berilah waktu untuk mempelajari suatu keterampilan baru. Sehingga anda bisa fokus untuk belajar satu hal terlebih dahulu. Lalu catat bagaimana perkembangannya. Kalau merasa stuck atau tidak nyaman, bisa mencoba hal lain.

Jadwal inilah yang bisa membuat anda menjadi disiplin. Dan anda juga tidak bingung hari ini harus melakukan apa. Karena sudah ada jadwalnya. Mencatat setiap perkembangan sangat diperlukan untuk bahan evaluasi.

7. Jangan Menyerah

Mengetahui bakat diri memang tidaklah mudah. Butuh usaha dan waktu yang harus dilalui. Tidak ada proses yang singkat untuk menghasilkan hal yang luar biasa. Karena ketika tidak ada yang tahu hasil akhir yang anda lakukan. Bisa jadi ketika anda menyerah, garis finish berada selangkah lagi di depan anda. Jadi, jangan pernah menyerah dalam melakukan segala hal. Lakukan segala sesuatu dengan totalitas dan bersemangat. 

Itulah usaha yang bisa anda lakukan untuk mengetahui bakat yang anda miliki. Istilah bakat terpendam itu bisa benar adanya. Bakat yang tak diasah akan terpendam seiring berjalannya waktu. Maka dari itu, ketika anda nanti berhasil mengetahui bakat, usahakan untuk terus merawatnya. Bahkan kalau bisa kembangkan untuk bisa menjadi passion atau sumber penghasilan.

Baca juga: Tanda-tanda Kalau Kamu Seorang Overthinker

Kita bukanlah penentu dari hasil akhir segala yang kita lakukan. Ada sentuhan Tuhan yang akan menentukan hasilnya. Tugas kita hanyalah berusaha dan berupaya semaksimal mungkin. Hingga batas kemampuan kita. Setelah itu kita serahkan kepada Tuhan. Jangan lupa untuk berdoa dan mendekatkan diri kepada-Nya. Supaya segala sesuatu yang anda lakukan dipermudah jalannya.