Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Rasa Malas dan Putus Asa

cara menghilangkan rasa malas

cara menghilangkan rasa malas - Malas merupakan sifat yang setiap orang memilikinya. Semua orang pasti pernah merasakan malas. Bahkan kalau dibiarkan terus menerus bisa mengakibatkan putus asa. Tidak ada lagi semangat dalam menjalani aktivitas. 

Orang malas akan senang menunda-nunda pekerjaan. Merasa besok masih ada waktu atau deadline masih jauh. Sehingga nanti keteteran di akhir karena tugas menumpuk. Musuh terbesar produktivitas dan keberhasilan adalah rasa malas. 

Cara Mengatasi Rasa Malas

Jangan pernah menganggap enteng rasa malas. Apabila terlalu nyaman dengan kemalasan bisa menjerumuskan anda. Segala sesuatu yang anda lakukan saat ini bisa kacau. Misalnya anda sedang sekolah atau kuliah, kalau anda malas mengerjakan tugas, anda akan mendapatkan nilai buruk.

Kemudian dalam pekerjaan, ketika anda malas-malasan mengerjakan pekerjaan, anda bisa dipecat dari tempat anda bekerja. Apalagi kalau anda seorang pengusaha, anda harus menghilangkan rasa malas. Karena pengusaha itu pastinya butuh bekerja yang ekstra.

Untuk itu, diperlukan usaha untuk mengusir rasa malas. Banyak metode-metode untuk menghilangkan rasa malas yang ada di dalam diri. Berikut ini adalah beberapa metode yang bisa anda coba.

Baca juga: Cara Mengubah Nasib Menjadi Kaya

1. Melakukan Olahraga

Kesehatan sangatlah penting dalam hidup ini. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan cara olahraga. 

Salah satu penyebab orang malas adalah tidak adanya energi dan tenaga untuk melakukannya. Sehingga cara untuk menjaga daya tahan tubuh yaitu dengan berolahraga. Sehingga tubuh menjadi fit dan bisa melakukan banyak kegiatan. Cobalah luangkan waktu untuk berolahraga.

2. Istirahat yang Cukup

Setiap orang memiliki batas lelah. Disaat itulah anda butuh istirahat. Harapannya setelah beristirahat tubuh dan otak bisa menjadi fresh. Otak dan tubuh butuh istirahat setelah dipakai seharian.

Istirahat yang dimaksud adalah istirah yang cukup. Bukan istirahat yang berlebihan. Karena ketika anda istirahat berlebihan, itu justru bisa membuat anda malas. Jangan terbiasa begadang di malam hari. Supaya paginya bisa lebih fresh dan tidak malas.

3. Mengatur Skala Prioritas

Mengatur skala prioritas ini sangat penting. Supaya bisa mengerjakan tugas-tugas dengan lebih mudah. Kebiasaan menumpuk pekerjaan merupakan faktor munculnya rasa malas. Apalagi kalau mengerjakan beberapa tugas sekaligus akan mudah menjadi malas. Maka dari itu jangan pernah menumpuk atau mengerjakan tugas dalam satu waktu. Buatlah prioritas pekerjaan yang harus anda selesaikan terlebih dahulu. Dengan begitu anda bisa lebih mudah dan ringan nantinya.

4. Mencari Tongkrongan yang Positif

Teman bisa mempengaruhi kebiasaan anda. Ketika anda berkumpul dengan orang malas, ada kecenderungan untuk tertular kemalasannya. Namun, ketika teman anda kreatif dan pekerja keras, maka energi positif tersebut akan menular di anda. Untuk itu, cari lingkup pertemanan yang positif. Yang bisa mendukung impian dan cita-cita.

5. Melihat keberhasilan Orang Lain

Sebenarnya melihat keberhasilan orang lain itu ada positif dan negatifnya. Negatifnya yaitu kita bisa menjadi iri ketika melihat pencapaian orang yang berada diatas kita. Namun, kalau anda mengambil positifnya juga bisa. Keberhasilan orang tersebut dijadikan sebuah motivasi untuk bisa melebihinya. Sehingga kita lebih bersemangat dan tidak malas-malasan lagi. Jadikan pencapaian orang untuk menjadi motivasi anda. Sehingga anda tidak lagi malas-malas setiap harinya.

6. Jangan Memikirkan Kesulitan

Seringkali yang menggagalkan keinginan adalah gambaran kesulitan yang akan dialami. Padahal hal tersebut belum tentu juga terjadi. Namun, itu bisa jadi mental block anda untuk action. Jangan memikirkan kesulitannya, mulailah untuk mencoba terlebih dahulu. Supaya bisa merasakan langsung dan bisa mencari solusinya.

7. Berikan Self Reward

Self reward merupakan kegiatan untuk memberikan penghargaan kepada diri sendiri. Karena sudah berjuang dan bekerja keras untuk meraih sebuah pencapaian. Self reward ini bisa memotivasi anda untuk melakukan sesuatu yang lebih baik dan lebih besar lagi. Mungkin ini kegiatan yang sepela, namun dampaknya akan terasa untuk selanjutnya.

Self reward bisa dengan cara membeli barang impian, berlibur jalan-jalan untuk menenangkan pikiran, hingga pergi ke tempat yang diinginkan. Tidak harus melakukannya setiap hari. Tapi cobalah ketika berhasil meraih sesuatu, berikan self reward. Dengan begitu anda bisa terus termotivasi dan menyingkirkan rasa malas.

Baca juga: Cara Mengetahui Bakat yang Terpendam

Demikian tadi tips yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan rasa malas dan putus asa. Jadilah orang yang produktif setiap hari. Hasilkan karya-karya kreatif anda. Jangan pernah malas, karena itu bisa menjadi sumber masalah buat diri anda.