Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Rasa Malu saat Bicara di Depan Umum

 

cara menghilangkan rasa malu

cara berbicara di depan umum - Berbicara merupakan kebiasaan sehari-hari yang dilakukan untuk komunikasi. Selain itu juga biasa digunakan untuk memberikan informasi.

Namun, tidak semua orang bisa mengutarakan apa yang ada di dalam pikirannya dengan baik. Terutama bagi orang yang sering berbicara di depan umum. Mereka harus bisa memberikan informasi yang dapat dengan mudah dicerna semua orang. Untuk mampu berbicara di depan banyak orang butuh proses dan latihan.

Orang yang tidak terbiasa bicara di depan umum biasanya akan merasakan gugup dan malu. Ketika semua orang terdiam dan matanya tertuju kepada anda. Disitulah mental sangat diuji.

Cara Supaya Pandai Berbicara di Depan Umum

Berikut ini ada tips dan trik yang bisa anda lakukan supaya rasa malu hilang ketika bicara di depan umum. Cara ini sudah sering digunakan dan sangat ampuh. Sehingga anda tidak perlu meragukannya lagi. Dibawah ini adalah rahasianya.

Baca juga: Ciri-ciri Orang Cerdas

1. Latihan

Berbicara di depan orang banyak tidak sama ketika anda bicara dengan teman. Banyak hal yang harus dilatih sebelum melakukannya. Banyak orang yang menyepelekan latihan karena merasa bisa. 

Itu bisa menjadi bomerang bagi anda. Tetaplah berlatih dengan teman atau berlatih di depan cermin. Sehingga anda bisa fasih dan lancar dalam menyampaikan informasinya.

2. Minta Pendapat Teman

Berlatih di depan cermin saja belum cukup. Anda harus mencobanya langsung dengan orang beneran. Sehingga bisa merasakan respon yang diberikan orang.

Selain itu, anda juga bisa meminta pendapat atau penilaian teman tentang penampilan anda. Terimalah masukan dari teman tersebut. Apabila ada yang kurang cobalah untuk memperbaikinya.

3. Bicara di Depan Kamera

Cobalah untuk berbicara di depan kamera. Karena itu merupakan hal sulit. Namun, ketika anda bisa melakukannya, anda akan lebih mudah bicara di depan banyak orang.

Rekam diri anda saat anda berbicara dengan handphone. Lalu lihat berulang-ulang rekaman anda. Dari situ anda bisa mengevaluasi apa yang kurang dan perlu diperbaiki. Posisikan diri anda sebagai pendengar ketika melihat rekaman tersebut.

4. Perbanyak Wawasan

Untuk bicara di depan banyak orang dibutuhkan wawasan yang luas. Memperbanyak kosa kata yang baku. Kemudian cari wawasan di lingkup yang anda bicarakan. Sumber pengetahuan saat ini sudah bayak. Bisa melalui artikel, berita, buku, dan jurnal.

5. Pelajari audience

Mengenali audience atau lawan bicara anda sangat penting dilakukan. Sehingga nanti bisa menyesuaikan gaya bahasa dan suasana. Misalnya kalau acaranya formal, anda bisa mempersiapkan bicara menggunakan bahasa baku. atau kalau acaranya santai bisa menggunakan bahasa pertemanan yang santai.

6. Kuasai Materi yang Disampaikan

Menguasai materi bukan berarti menghafal materi seluruh kalimat. Tetapi setidaknya anda bisa paham poin-poin utama yang akan disampaikan. Sehingga orang yang mendengarkan tidak bingung. Karena biasanya kalau orang yang tidak menguasai materi, ketika bicara bisa ngeblank. Akibatnya ngomong ngalor ngidul yang membuat bingung banyak orang. 

7. Menyiapkan Catatan

Apabila anda takut lupa ketika bicara di depan banyak orang, cobalah buat catatan kecil yang berisi inti pembicaraan. Sehingga pembicaraan bisa tetap pada jalurnya. Membawa catatan lebih baik daripada anda kelupaan apa yang mau dibicarakan. Yang justru malah membuat malu diri sendiri.

Baca juga: 7 Cara Mengetahui Bakat yang Terpendam

Demikian tadi cara mengatasi rasa malu saat bicara di depan umum. Dengan persiapan yang sudah anda lakukan sebelumnya, akan membuat anda lebih percaya diri. Memang proses itu kadang tidak menyenangkan. Tapi itulah yang akan membuat anda mendapat hasil yang luar biasa. Perubahan tidak bisa dilakukan dalam sekejap. Butuh usaha yang panjang untuk melakukannya.