Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Supaya Disukai Banyak Orang di Sekolah

cara agar disukai banyak orang

Memiliki teman yang banyak di sekolah merupakan kebanggaan tersendiri bagi siswa. Karena itu bisa menambah popularitas sebagai seorang siswa.

Selain itu, memiliki teman yang banyak juga banyak untungnya. Karena bisa meminta bantuan apabila sedang kesulitan. Misalnya bingung mengerjakan sebuah tugas, bisa bertanya dengan teman yang bisa. Cara itu bisa dilakukan kalau saling kenal. Kalau tidak saling kenal biasanya akan sungkan.

Namun, tidak semunya bisa mendapatkan teman banyak. Untuk berteman dengan banyak orang, harus memiliki tips khusus.

Cara agar disukai banyak teman

Berikut ini adalah tips yang bisa kamu lakukan supaya bisa disenangi banyak orang dan menjadikannya teman.

1. Tidak Sombong

Tidak sombong atau rendah hati merupakan sikap yang harus dimiliki. Karena orang itu akan kesal dengan orang yang sombong. Kamu boleh memiliki kelebihan tertentu, tapi jangan pernah menyombongkannya di depan teman. Karena bisa membuat teman jengkel dan menjauh. Tetaplah rendah hati.

2. Selalu Menolong Ketika Ada Teman Kesusahan

Berteman itu suka duka bersama. Apabila sedang senang, berbagi kesenangan bersama. Dan apabila sedang ada yang sedih, segera membantunya. Rasa solidaritas sangat diperlukan dalam pertemanan. Bantulah teman yang sedang dalam kesusahan. Sehingga orang tersebut akan senang berteman dengan kamu. Karena telah menunjukkan kepedulian kepada sesama.

3. Jangan Pamer

Salah satu sikap yang dibenci semua orang adalah pamer. Pamer yaitu menunjukkan sesuatu yang dimilikinya secara berlebihan. Terlalu membanggakan apa yang dimiliki. Sikap inilah yang akan membuat pertemanan rusak.

Orang bisa tersinggung dengan apa yang telah kamu pamerkan. Orang yang sering pamer biasanya orang yang sudah hilang perasaan. Karena tidak pernah tahu kondisi teman seperti apa. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kelebihan yang dimiliki seharusnya digunakan untuk berbuat baik, bukan malah dipamerkan kepada teman.

4. Respect Kepada Teman

Taruhlah respect sebesar-besarnya kepada orang lain. Jangan pernah meminta orang lain menghargai kamu. Tapi hargailah orang lain terlebih dahulu. Dengan begitu tanpa kamu dihargai, orang akan menghargaimu.

Seringkali orang ketika sudah kenal bicaranya seenaknya. Kadang kebablasan ngomong yang kurang pantas. Sehingga menyakiti perasaan teman sendiri. Lama-lama kamu akan dijauhi kalau sikapmu tidak bisa menghargai orang lain. Selalu merasa benar dan memaksakan kehendak. Yang membuat teman akhirnya merasa tidak nyaman.

5. Mengerti Batasan dan Tidak Berlebihan

Masih berhubungan dengan rasa respect, supaya disukai banyak orang itu juga tahu batasan. Misalnya batasan bercandaan yang tidak menyinggung rasa sensitifnya. Jangan menjadi orang yang tidak tahu diri. Ketika orang lain memperlakukanmu dengan baik, jangan membalasnya dengan seenak diri. Kamu akan dibenci ketika sudah sampai tidak tahu diri.

6. Jangan Mencampuri Urusan Orang Lain

Rasa ingin tahu pastinya selalu ada di setiap orang. Apalagi kalau sudah merasa kenal. Keinginan untuk mengetahui semua hal tentang teman bisa menjadi konflik. Membuat mereka merasa tidak nyaman. Setiap orang memiliki privasi masing-masing yang tidak ingin orang tahu. Dan kita sebaiknya tidak mencampuri privasi tersebut.

Namun, apabila orang tersebut bercerita, ya kita sebagai teman harus mendengarkannya. Memberikan nasehat bila dirasa perlu. Kalau misalnya tidak ingin diberi nasehat, cukup doakan saja yang terbaik.

7. Jadilah Pemaaf

Masalah tidak akan pernah jauh dari setiap individu. Masalah akan selalu dekat dan bahkan melekat. Dalam hubungan dengan orang lain pasti akan ada konflik. Maka dari itu, kita harus berbesar hati untuk selalu memaafkan orang lain. Sehingga hubungan tetap terjaga dengan baik. Orang yang pemaaf biasanya akan disegani dan dihargai orang disekitar.

Baca juga: 5 Sikap yang Membuat Hilang Rasa Percaya Diri

Itulah cara supaya disukai banyak orang di sekolah. Sebenarnya cara tersebut bisa kamu gunakan dimanapun kamu berada untuk berteman dengan banyak orang. Milikilah sikap diatas supaya orang lain bisa dengan mudah kamu ajak berteman atau bahkan menjalin sebuah hubungan. Semakin banyak teman, maka banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan.