Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Formula Ampuh Untuk Menghasilkan Uang dari Blog

formula menghasilkan uang dari blog

Menghasilkan uang dari dari internet mungkin adalah keingin sebagian besar orang. Menghasilkan uang dari internet dianggap mudah bagi mereka yang belum tahu. Namun anggapan itu akan dibantah bagi mereka yang sudah menjalankannya. Mendapatkan uang di internet sama halnya mencari uang di dunia nyata yaitu butuh usaha dan kerja keras. Tidak bisa hanya semalam langsung kaya. Kalau bisa semalam langsung kaya pasti semua orang mengikutinya.

Salah satu cara menghasilkan uang dari internet adalah melalui blog. Dengan blog kamu bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Syaratnya mudah anda hanya cukup menulis saja. Menulis suatu hal yang informatif dan bermanfaat. Setelah itu tinggal memilih jenis program penghasil uang di blog dan uang pun akan datang.

Namun itu semua tidak mudah kamu harus melewati tahap-tahap yang krusial dalam mencari uang dari blog. Banyak blogger-blogger yang gagal dalam membuat sebuah mesin uang otomatis. Penyebab kegagalannya mayoritas adalah karena mereka tidak sabar dan tidak konsisten. Untuk menghasilkan uang biasanya butuh waktu minimal 3-6 bulan. Tapi juga ada yang lebih cepat.

Untuk itu bagi kamu yang selama ini belum mendapatkan hasil dari kegiatan blogging atau kamu yang baru dalam blogging saya akan memberikan tahap-tahap yang harus kamu lalui untuk mendapatkan hasil dari blog. Kerjakan tahap demi tahap dengan serius dan saya yakin pasti anda akan mampu menghasilkan uang dari blog. 

Formula Menghasilkan Uang dari Blog

Berikut adalah tahapan atau langkah demi langkah yang bisa kamu ikuti untuk memulai menghasilkan uang dari blog.

1. Memilih niche yang profitable

Jika kamu ingin menghasilkan uang dari blog langkah yang utama adalah menentukan niche. Tahap ini adalah langkah awal yang harus kamu lalui dengan hati-hati. Karena pilihan niche akan mempengaruhi kesuksesanmu kedepannya. 

Carilah niche yang berpotensi menghasilkan uang. Selain itu, usahakan niche yang kamu pilih sesui passion. Karena jika tidak sesuai passion nanti takutnya akan kesulitan untuk membangun blog. Dengan pilihan niche yang yang sesuai passion akan memudahkan untuk membangun sebuah mesin penghasil uang karena sudah menguasai bidangnya. 

Pilih niche yang spesifik. Sehingga orang yang pertama berkunjung ke blog bisa tahu gambaran blog tentang apa saja. Semakin spesifik, semakin sedikit pesaingnya.

2. Mencari keyword

Setelah memilih niche yang harus kamu lakukan untuk membangun sebuah mesin penghasil uang adalah mencari keyword. Keyword ini yang nantinya kamu incar untuk bersaing di mesin pencari. 

Di tahap memilih keyword mungkin akan memakan waktu yang lama. Karena memang tahap ini tahap yang krusial. Untuk itu kamu membutuhkan tool untuk membantumu mencari keyword. Tool riset keyword ada 2 yaitu berbayar dan gratis. 

Pastinya yang berbayar pasti lebih baik dan datanya lebih akurat. Untuk kamu yang punya budget saya sarankan untuk menggunakan tool yang berbayar karena lebih efektif. Tapi jika kamu tidak mau mengeluarkan uang kamu bisa menggunakan tool gratisan.

Berbayar: Longtail pro, Market Samurai, Semrush, dan lain-lain.
Gratis: Keyword planner, Google trends, dan lain-lain.

Saya disini hanya memberikan saran riset keyword dan tidak memberikan cara riset keywordnya. Mungkin dilain waktu saya akan memberikan tutorial cara riset keyword.

3. Menyiapkan domain dan hosting

Langkah selanjutnya adalah memilih domain dan hosting yang bagus. Ada dua pendapat berbeda mengenai pemilihan domain. Pendapat pertama mengatakan domain tidak harus sesuai keyword yang diincar. Pendapat kedua adalah domain harus sesuai keyword atau yang biasa disebut keyword on domain.

Maksud keyword on domain begini misal keyword yang anda bidik adalah bisnis rumahan makan domainnya bisnisrumahan.com atau yang lainnya yang sesuai keyword. Konon katanya keyword on domain lebih SEO. Tapi itu hanya pendapat orang anda bisa mempercayainya atau tidak itu terserah anda.

Semua tergantung kemampuan kamu unuk branding domain tersebut. Setidaknya, nama domain bisa menjadi gambaran apa yang akan ada di dalam blog tersebut. Semakin nama domain pendek, itu semakin bagus. Karena gambang ditulis dan mudah diingat.

Untuk membeli domain dan hosting kamu bisa membelinya di situs penyedia domain dan hosting dalam negeri atau luar negeri. Pilihlah penyedia layanan yang terbaik dan jangan pilih yang abal-abal hal ini untuk kebaikan website kedepannya.

4. Atur tampilan dan navigasi blog

Apabila domain sudah dipasang, langkah selanjutnya adalah mengatur tampilan blog. Mengatur tampilan blog biasanya menjadi proses yang paling lama. Karena perlu mengotak-atik kode html. Sehingga perlu ketelitian dalam menguliknya. Kalau ada satu kode yang salah, bisa membuat error tampilan.

Carilah template yang sederhana dan nyaman dilihat. Sehingga tidak perlu mengubah terlalu banyak. Ini sangat membantu meringankan pekerjaan. Berikan navigasi yang jelas di blog. Supaya pengunjung tidak bingung. Misalnya ingin membaca kategori tertentu, semua artikelnya sudah dikelompokkan disitu sesuai kategorinya.

5. Menulis artikel sebanyak-banyaknya

Bagi seorang blogger, ada istilah konten adalah raja. Konten yang dimaksud adalah sebuah artikel. Seorang blogger akan berlomba-lomba membuat konten yang bagus untuk memikat pengunjung.

Artikel inilah yang akan menjadi pintu masuk pengunjung. Semakin banyak artikel, semakin banyak pula pintu masuk bagi pengunjung. Sehingga, untuk memaksimalkan penghasilan dari blog bisa dengan cara membuat artikel sebanyak-banyaknya.

Di sebuah grup blogger ada yang memperlihatkan penghasilan adsense yang bisa cair setiap bulannya. Ketika saya tanya, ternyata rahasianya rutin update artikel setiap hari. Dia mengejar kuantitas artikel setiap hari. Ternyata cara tersebut bisa berhasil juga. Kamu bisa menirunya.

Buatlah 10 artikel setiap hari. Jika itu terlalu berat bisa membuat artikel 3-5 perhari. Atau minimal 1 artikel setiap harinya. Yang terpenting jangan sampai ada hari yang kosong. Konten baru bisa menjadi daya tarik pengunjung untuk datang.

Buatlah artikel yang sesuai keyword yang telah dicari diawal pembuatan blog. Biasakan buat artikel dengan riset dahulu. Tidak perlu riset yang mendalam, yang terpenting riset judul dan persaingannya. Untuk jumlah kata dalam sebuah artikel itu tergantung jenis artikelnya. 

Artikel pendek atau panjang memiliki kelemahan masing-masing. Kalau artikel pendek biasanya banyak pengunjung yang suka, karena to the point. Namun, kelemahannya terletak pada SEO artikel tersebut. Artikel panjang biasanya disukai mesin pencari, karena bisa menyebar keyword yang diincar lebih banyak. Namun, kekurangannya orang tidak terlalu mau membaca tulisan yang panjang. Apalagi kalau pembaca orang Indonesia. Minat bacanya masih kurang. Sehingga kamu bisa mensiasatinya dengan membuat artikel yang panjang dan pendek setiap harinya. Dengan begitu kamu bisa menganalisis jenis konten seperti apa yang lebih disukai.

6. Promosi blog

Menjadi seorang blogger tidak hanya sebatas menulis saja. Tapi juga harus belajar marketing atau promosi. Supaya blog bisa dikenal lebih banyak orang.

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk promosi blog yaitu gratis dan berbayar. Promosi berbayar itu dengan beriklan. Beriklan seperti di FB Ads, Adword, atau di blog-blog yang sudah terkenal. 

Namun, biasanya blogger pemula tidak ingin mengeluarkan terlalu banyak uang. Perlu diketahui bahwa promosi gratis pastinya butuh waktu untuk mendapatkan trafik. Promosinya juga harus manual dengan cara share ke medsos, situs directory, dan lain-lain. 

Buat kamu yang lebih kreatif bisa dengan membuat kolam di sosmed. Misalnya membuat grup atau fanspage yang membahas sesuai topik blog. Tapi ini juga membutuhkan waktu untuk membuat grup maupun fanspage. Namun, bila berhasil membuatnya, tentu jauh lebih mudah untuk kita promosi. Bahkan itu bisa kamu sewakan untuk blogger lain promosi.

7. Monetize blog

Setelah blog ramai dibanjiri pengunjung, kini saatnya untuk menguangkan blog dengan program-program monetisasi. Untuk masalah itu, dibawah ini adalah program terbaik untuk mendapatkan uang dari blog.

Google Adsense

Adsense adalah model periklanan Pay Per Click terbaik saat ini. Program periklanan milik Google ini memang sangat populer dan telah memikat para blogger. Kamu hanya disuruh memasang banner yang diberikan adsense ke dalam blog. Setiap ada pengunjung yang mengklik iklan tersebut kamu akan mendapatkan komisi. Banyak blogger yang sukses dengan program Adsense ini. Untuk itu saya juga merekomendasikan kepadamu untuk memonetisasi blogmu dengan iklan Adsense.

Affiliate Marketing

Sumber lain yang bisa didapatkan dari blog adalah dengan affiliate marketing. Affiliate marketing sederhanya yaitu mempromosikan sebuah produk atau jasa tertentu yang nantinya akan mendapat komisi apabila ada action dari sebuah link yang kita sebarkan.

Banyak sekali website penyedia afiliasi. Sehingga tidak perlu pusing mencari program afiliasi di Indonesia. Blog inilah yang dapat kamu manfaatkan untuk mendapat komisi dari program afiliasi.

Menjual Ebook

Jika kamu sudah sukses, kamu bisa membuat ebook tentang kesuksesanmu kamu. Lalu menjualnya di blog. Sebenarnya tidak harus tentang kesuksesan. Apapun ilmu yang kamu ketahui dan itu bisa menjadi manfaat buat orang lain, bisa kamu buat menjadi sebuah ebook. 

Menjual ebook ini memang menarik karena kita bisa menentukan harga sendiri dan mengambil keuntungannya sendiri tanpa ada pihak lain. Tentunya kamu harus menulis yang menarik dalam ebook. Supaya pembeli tidak kecewa dengan isi yang ada dalam ebook. Buat kamu yang punya pengalaman menarik atau inspiratif sebaiknya kamu jadikan itu ebook dan jual di blog lalu dapatkan keuntungannya.

Demikian tadi formula untuk menghasilkan uang dari blog. Lakukan tahap demi tahap dengan baik saya yakin kamu pasti akan menerima hasilnya. Menghasilkan uang dari blog itu butuh perjuangan yang ekstra keras. Kuncinya adalah konsisten dan mau untuk menganalis setiap metode yang diterapkan. Jangan hanya diawal-awal pembuatan blog kamu bersemangat. Butuh waktu 3-6 bulan untuk membuat blog yang bisa menghasilkan. Namun bila kamu bekerja lebih keras bukan tidak mungkin bisa lebih cepat menghasilkan uangnya. Demikian informasi yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat.