Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jodoh Tak Kunjung Datang, Inilah Alasannya

Jodoh Tak Kunjung Datang

Manusia diciptakan ada yang laki-laki dan perempuan. Masing-masing individu pasti memiliki jodoh. Tidak ada orang yang ingin hidup sendirian hingga tua. Mendapatkan jodoh merupakan keinginan setiap orang.

Menikah dengan seseorang yang dicintai merupakan impian semua orang. Apalagi bisa hidup hingga tua bersama pasangan hidup. Pasangan atau jodoh merupakan sumber energi untuk menjalani kehidupan di dunia ini. Selain itu, menikah juga suatu ibadah dalam agama.

Namun, tidak sedikit orang yang kesulitan menemukan jodohnya. Padahal usianya sudah matang untuk berumah tangga, tapi belum menemukan pasangannya. Sudah segala upaya dilakukan untuk mencari pasangan hidupnya. Mulai dari mendekati teman masa kecil, teman kuliah, bahkan berusaha mencari di aplikasi pencari jodoh. Namun tak kunjung mendapatkannya.

Munculah sebuah pertanyaan kenapa jodoh tak kunjung datang. Bingung harus gimana lagi supaya bisa bertemu dengan jodohnya.

Alasan Jodoh Tak Kunjung Datang

Berikut ini ada 5 alasan yang membuat anda sulit menemukan jodoh yang tak kunjung tiba.

1. Insecure dengan hubungan yang pernah gagal

Putus dengan orang yang dicintai merupakan sebuah pengalaman yang menyakitkan. Bahkan banyak orang yang kesulitan untuk melupakan kejadian tersebut. Sehingga dirinya menutup diri dengan orang lain terutama lawan jenis. Karena menganggap setiap lawan jenis sama saja dengan pacar sebelumnya.

Perasaan tersebut yang akan menghalangi anda menemukan jodoh. Anda harus bisa berdamai dengan pengalaman pahit dengan pasangan anda. Sehingga anda bisa move on dan mendapatkan penggantinya. Cobalah untuk ikhlas menerima keadaan saat ini. Percayalah bahwa ada Tuhan yang akan selalu memberi pertolongan. Optimislah dengan masa depan dan yakinlah bahwa anda akan mendapatkan kebahagiaan meskipun tidak bersama mantan anda.

2. Terlalu berekspektasi tinggi terhadap calon pasangan

Mungkin inilah sebab anda tidak kunjung mendapatkan jodoh. Memberikan ekspektasi dan kriteria yang terlalu tinggi membuat anda kesulitan menemukan orang yang sempurna. Padahal setiap manusia tidak ada yang sempurna. Masing-masing orang memiliki kekurangan. Namun, ekspektasi membuat anda berharap mendapatkan pasangan yang sempurna.

Sebuah hubungan itu saling melengkapi. Kekurangan yang dimiliki masing-masing bisa delengkapi dengan bersama-sama. Jangan menuntut pasangan untuk sempurna. Terimalah kekurangan yang dimiliki pasangan anda. 

3. Takut tidak bisa mengurus rumah tangga

Pada akhirnya sebuah hubungan akan menuju ke pelaminan. Membangun rumah tangga bersama dan hidup bahagia. Gambaran setiap orang tentang kehidupan rumah tangga sangat beragam. Ada yang positif dan negatif.

Ketakutan-ketakutan dalam berumah tangga seringkali membuat orang sulit menemukan jodoh. Kebanyakan orang takut dengan tanggung jawab yang akan diembannya. Apalagi kalau finansialnya dirasa cukup. Sehingga ada rasa takut dan minder untuk menjalin suatu hubungan.

4. Takut tidak bebas lagi

Menjalin sebuah komitmen seringkali merasa tidak bebas. Memang orang yang sudah berpasangan memiliki tanggung jawab untuk menjaga perasaan pasangan. Bebas tidaknya orang berhubungan tergantung pemikiran dan kesepakatan anda dengan pasangan. 

5. Kurangnya rasa percaya diri

Rasa tidak percaya diri seringkali muncul ketika ingin mendekati lawan jenis. Hal tersebut banyak faktor yang mempengaruhinya. Misalnya minder karena fisik tidak good looking, tidak memiliki harta yang berlimpah, dan faktor yang lainnya. Sehingga yang tadinya tertarik dengan lawan jenis, namun tidak berani mendekatinya. Sehingga gagal menjalin komunikasi ataupun hubungannya dengannya.

Baca juga: Ketika Kamu Merasa Tidak Berguna, Ingat Ini

Itulah tadi 5 faktor yang dapat membuat jodoh tak kunjung datang. Apabila anda memiliki salah satu faktor diatas, sebaiknya segera perbaiki. Pemikiran-pemikiran negatif yang membuat anda rendah diri segera dihilangkan.

Berubahlah untuk menjadi orang yang lebih baik. Pantaskan diri anda untuk setiap orang yang akan menjadi pasangan anda. Jodoh bisa datang seiap waktu, tergantung kesiapan anda. Janganlah menutup diri sehingga orang yang ingin dekat dengan anda menjadi risih dan takut. Percayalah bahwa orang yang baik akan mendapatkan jodoh yang baik pula. Semangat, semoga anda segara bertemu jodoh.