Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Update Artikel Blog Setiap Hari

Manfaat Update Artikel Blog Setiap Hari

Aku ingin bercerita tentang manfaatkan yang aku dapatkan ketika aku membiasakan diri untuk setiap hari nulis dan posting artikel di blog. Padahal aku tidak punya basic dan hobi nulis. Aku hanya punya keyakinan bahwa segala sesuatu itu bisa dipelajari.

Sebagai orang yang tidak memiliki keterampilan apa-apa, tentunya bingung mau melakukan sesuatu. Karena merasa tidak berbakat dan tidak mahir. Tanpa aku sadari, itu merupakan mental blok yang menghalangiku untuk menekuni sesuatu. Untuk itu aku mencoba pelan-pelan menghapus mental blok yang ada pada diriku.

Aku mencoba memberanikan diri untuk menulis dengan media blogger. Aku mencoba keberuntungan menjadi seorang blogger. Dengan ambisi diterima Adsense. Terhitung sudah sejak dari 2016 aku mempelajari dunia blogging. Gonta-ganti domain sudah pernah aku lakukan.

Namun, dulu itu ngeblog hanya sekedar mood. Seringkali ditengah perjalanan kehilangan mood. Akibatnya blog terbengkalai begitu saja. Hingga akhir 2021 aku memantapkan diri untuk membangun sebuah blog hingga menghasilkan. Karena dulu itu aku sangat penasaran dengan orang yang bisa menghasilkan uang dari blog. Terutama blog yang menggunakan iklan adsense.

Dari situlah aku memantapkan diri untuk bisa diterima adsense. Karena blogger pasti tahu bagaimana susah dan misteriusnya diterima adsense. Salah satu langkah yang aku lakukan adalah dengan menulis artikel setiap hari di blog. Sekitar 1 bulan lebih aku rajin posting artikel minimal 1 artikel setiap harinya. Dari kebiasaan tersebut, ada beberapa manfaat yang aku dapatkan.

Manfaat Nulis Blog Setiap Hari

Berikut ini adalah manfaat yang didapatkan setelah menulis artikel untuk blog setiap hari.

1. Melatih otak berpikir kreatif

Menyajikan sebuah konten dalam bentuk tulisan tentunya akan mengasah otak untuk berpikir kreatif. Otak akan bekerja maksimal setiap harinya untuk menghasilkan konten-konten yang menarik dan informatif.

Apabila kebiasaan update artikel setiap haris terus dilakukan, kemampuan otak juga terus meningkat. Sehingga akan terbiasa berpikir kreatif yang akan memudahkan kamu kedepannya untuk menjadi blogger hebat.

2. Meningkatkan kemampuan menulis

Sesuatu yang dilakukan secara terus-menurus memang dapat meningkatkan sebuah skill. Hal tersebut juga berlaku dalam dunia blogging. Seorang blogger yang tugas utama untuk membuat sebuah artikel yang menarik dibutuhkan kemampuan menulis yang baik.

Kemampuan menulis tersebut bisa diasah dengan membiasakan diri untuk menulis setiap hari. Dengan begitu kamu bisa menulis dengan lebih mudah. Karena ada sebuah ungkapan yaitu dibutuhkan 10.000 jam untuk menjadi seorang ahli. Jam terbang sangat penting dalam mengasah sebuah kemampuan tertentu. Sesuatu yang sulit akan menjadi mudah bila dilakukan berulang kali.

3. Meningkatkan kemampuan membaca

Untuk menghasilkan output berupa tulisan, dibutuhkan input terlebih dahulu. Input bisa berasal dari sebuah pengalaman pribadi ataupun hasil membaca banyak referensi. Kedua unsur tersebut yang akan menentukan kualitas isi sebuah artikel.

Maka dari itu, seorang blogger harus memiliki banyak wawasan dan referensi. Yang paling mudah adalah dengan membaca. Kebiasaan membaca akan sangat membantu blogger untuk menghasilkan sebuah tulisan.

Orang yang terbiasa membaca akan lebih mudah dalam menentukan inti dari sebuah tulisan. Sehingga bisa lebih cepat menangkap pesan yang terdapat dalam tulisan tersebut. Kemampuan ini bisa didapatkan dengan membiasakan diri untuk selalu membaca setiap harinya.

4. Memiliki banyak artikel bacaan

Dengan update artikel setiap hari, otomatis konten yang ada di blog akan terus bertambah. Sehingga banyak sumber masuk pengujung blog. Misalnya saja dalam satu artikel dibaca 5 orang setiap harinya. Kalau misalnya artikel di blog jumlahnya 1000 artikel, sudah ada 5000 pengujung setiap harinya. Dan itu akan terus bertambah jika tetap rutin update artikel setiap hari.

5. Pengunjung meningkat

Seperti yang sudah dihitung sebelumnya, jika setiap artikel dibaca 5 orang saja setiap harinya, dengan 1000 artikel kita bisa mendapat pengujung yang banyak setiap harinya. Belum lagi kalau ada salah satu artikel yang berhasil masuk halama utama pencarian. Pengujung bisa meningkat drastis.

Kita tidak pernah tahu artikel mana yang akan mampu masuk halaman utama search engine. Sehingga yang bisa dilakukan adalah menulis sebanyak-banyaknya dan optimasi. Syukur ada artikel yang mendulang views banyak.

6. Pageview ikut meningkat

Ketika ada pengunjung datang ke salah satu artikel kita, mayoritas orang tersebut berhenti sampai disitu. Pasti akan melihat artikel lain yang ada dalam blog tersebut. Mencari yang sesuai dengan keinginannya. Dengan begitu akan meningkatkan pageview.

Maka dari itu, membuat sebuah blog dengan satu niche sangat dianjurkan. Pageview blog tersebut akan meningkat seiring dengan bertambahnya pengunjung blog. Orang akan betah dengan satu tema dalam blog tersebut.

7. Penghasilan akan meningkat

Inilah yang paling disukai blogger yaitu penghasilan meningkat. Itu bisa terjadi akibat efek dari pengunjung blog yang turut meningkat. Sehingga iklan yang terpasang bisa lebih banyak dilihat orang dan rasio klik tayang akan meningkat.

Blog dengan pengunjung yang banyak bisa kamu manfaatkan untuk banyak hal. Tidak harus menghasilkan dari Adsense, ada cara lain yang bisa dilakukan. Misalnya dengan memasang produk affilite, jual backlink, dan masih banyak lagi. Kamu bisa melihat formula ampuh menghasilkan uang dari blog.

Demikianlah 7 manfaat update artikel blog setiap yang akan kamu dapatkan. Jangan malas untuk menulis artikel. Lawanlah rasa malas tersebut supaya bisa tersenyum ketika melihat pendapat dari blog. Tugas blogger adalah menyajikan informasi berupa tulisan. Kalau tidak menulis, mau diisi apa blog tersebut. Cobalah terlebih dahulu. Kalau tidak berhasil, setidaknya kamu dapat pelajaran dari situ apa yang harus diperbaiki.