Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Blogger Berhenti di Tengah Jalan, Blogger Harus Tahu

Penyebab Blogger Berhenti di Tengah Jalan

Inilah Penyebab Blogger Berhenti di Tengah Jalan - Menjadi seorang blogger itu harus menyajikan artikel yang berupa informasi dan segalanya. Karena blog saat ini sudah bukan sekedar catatan diary, melainkan sudah menjadi sumber informasi.

Bahkan blog sudah bisa menjadi sumber penghasilan. Banyak orang yang sukses dalam blogger baik dalam negeri maupun luar negeri.

Hal demikian yang membuat banyak orang tergiur dan tertarik untuk ngeblog. Mereka kemudian meramaikan dunia blogging. Namun, tidak semua bisa sukses dari blog. Ada sebagian sukses dan lainnya gagal menjadi seorang blogger yang menghasilkan.

Mereka yang gagal lalu berhenti ngeblog dan menganggap itu bukan jalannya. Merasa bahwa blogging itu sia-sia dan tidak dapat apa-apa.

Mereka yang gagal lalu meninggalkan blog adalah mereka yang malas. Malas untuk mempelajari seluk-beluk tentang blogging. Perlu kamu ketahui bahwa segala sesuatu itu pasti ada ilmunya dan alangkah mudahnya jika kita melakukan sesuatu dengan ilmu.

Blogging itu tidak cocok buat kamu yang menginginkan kaya dalam semalam. Pada dasarnya, blogging itu sama seperti bisnis. Tidak ada sukses cepat. Butuh waktu dan usaha yang keras untuk menjadi sukses. Maka dari itu, supaya kamu tidak seperti mereka yang gagal dalam dunia blogging, harus mempelajari kesalahannya.

Penyebab Blogger Berhenti di Tengah Jalan

Berikut ini adalah penyebab blogger sering berhenti ditengah jalan.

1. Tak Kunjung Diterima Adsense

Adsense merupakan media periklanan yang paling banyak digunakan oleh blogger. Suatu kebanggaan tersendiri jika mereka diterima adsense. Bahkan hingga sekarang mayoritas blogger ingin merasakan dapat uang dari Adsense. Namun semua itu tidak mudah. Butuh kesabaran dan usaha yang tak kenal lelah.

Mendaftar menjadi publisher adsense tidak semudah yang dibayangkan. Terkadang harus menerima penolakan berkali-kali dari pihak adsense. Karena memang review dari Adsense sangat ketat.

Sehingga banyak blogger yang frustasi karena tak kunjung diterima Adsense. Lalu memutuskan untuk berhenti ngeblog. Mungkin kamu juga menjadi salah satu dari mereka yang berhenti ngeblog gara-gara tak kunjung diterima adsense.

Adsense seringkali membutakan banyak blogger, sehingga tidak melihat peluang menghasilkan uang dari blog yang lain. Begitu banyak sebenarnya yang bisa mereka lakukan untuk menghasilkan uang dari blog. Salah satunya dengan menggunakan formula ampuh menghasilkan uang dari blog.

2. Tidak Dapat Penghasilan

Akibat dari tidak diterima adsense kemudian tidak dapat penghasilan dari blog. Akhirnya menghapus blog yang dimiliki. Karena tujuan mendapatkan uang dari blog tidak kunjung terwujud.

Memang tujuan kebanyakan orang ngeblog adalah supaya bisa mendapatkan penghasilan sampingan atau bahkan penghasilan utama. Uang yang menjadi pendorong untuk membuat sebuah blog.

Hal itu bisa saja menjadi baik namun juga bisa menjadi sebaliknya. Hal baiknya adalah mereka akan terus bersemangat dan berjuang secara habis-habisan untuk mendapatkan uang dari blog. Sedangkan hal buruknya adalah mereka akan mudah putus asa karena tak kunjung mendapatkan uang.

Tidak bisa hanya dengan semalam blog langsung bisa mendapatkan penghasilan. Butuh proses untuk mengarah kesana. Apalagi kalau kamu mulai dari nol. Banyak yang perlu dipelajari dan dilalui prosesnya.

3. Visitor Sepi

Visitor atau pengunjung merupakan bagian penting dalam dunia blogging. Banyaknya visitor dalam blog menunjukkan tingkat popularitas sebuah blog.

Tidak hanya itu, banyaknya visitor inilah yang bisa menjadi ladang penghasilan sebuah blog. Para blogger sangat suka jika blog mereka di kunjungi banyak orang. Karena potensi untuk mendapatkan penghasilan akan semakin tinggi.

Lebih singkatnya begini "pengunjung = penghasilan".

Banyaknya pengunjung akan mempengaruhi penghasilan yang didapat apabila menggunakan jaringan iklan seperti adsense. Begitu juga sponsor akan berdatangan untuk mengiklan di blog yang banyak visitornya.

Blog dengan jumlah visitor yang banyak merupakan sebuah aset yang bagus. Karena untuk mengkonversikannya menjadi uang itu sangat tinggi.

Namun, mendapatkan visitor tidak mudah. Kamu harus bekerja ekstra keras untuk mendapatkan pengunjung seperti yang kamu inginkan. Persaingan blogger sangat ketat sekali. 

Disitulah masalahnya, kebanyakan blogger tidak sabar untuk menarik pengujung yang banyak. Jadi, mereka biasanya hanya akan tahan beberapa bulan dalam ngeblog karena tak mampu menarik pengunjung banyak.

4. Kehabisan Ide Menulis

Kehabisan ide dalam menulis sebuah artikel pasti pernah dialami oleh seorang blogger. Hal itu wajar karena seoang blogger dituntut untuk menulis artikel sebanyak-banyaknya. Sehingga terkadang otak sudah buntu mau menulis apalagi. 

Namun, bagi mereka yang kreatif mereka mampu mencari cara atau solusi supaya mendapatkan ide menulis kembali. Melakukan observasi untuk mencari ide dan bahan yang akan dijadikan artikel.

Berbeda dengan blogger malas, jika kehabisan ide mereka bukannya mencari inspirasi ide tapi malah mengcopas artikel orang lain. Tentunya itu bukan sebuah tindakan yang baik. Selain merugikan orang lain, juga merugikan diri sendiri. Pasalnya, blog akan dianggap buruk oleh search engine karena plagiat. Blogger macam ini tidak akan pernah berkembang. Hingga akhirnya mereka memutuskan untuk mengakhiri perjalanannya di dunia blogging.

5. Sibuk Mengurusi SEO daripada Menulis Artikel

SEO merupakan suatu usaha memaksimalkan sebuah situs untuk mendapatkan peringkat tinggi di search engine. SEO memang suatu hal yang sangat menarik untuk dipelajari apalagi bagi blogger pemula. Seorang blogger harus mengerti optimasi sebuah mesin pencari. Supaya bisa membuat tulisannya bersaing di halaman utama mesin pencarian.

Seringkali blogger pemula terlalu fokus belajar SEO, namun lupa untuk menulis artikel. Perlu ditekankan bahwa tugas utama blogger adalah menulis sebuah artikel. Artikel yang bermanfaat atau menghibur pembaca.

Mereka lupa atau bahkan tidak tahu bahwa SEO itu merupakan hal yang tidak pasti. Jadi, tidak selalu menjamin blogmu akan peringkat 1. Terkadang mereka juga menggunakan teknik black hat SEO untuk menaikan blognya. Hal itu merupakan kesalahan besar. Black hat seo sangat tidak dianjurkan oleh siapapun karena resikonya sangat berbahaya. Saking bahayanya bisa jadi blogmu akan dibanned oleh search engine.

Cara yang paling aman untuk kamu yang baru memulai blog adalah jangan terlalu memikirkan teknik SEO yang rumit. Gunakan teknik SEO yang simpel dan sederhana. Dan yang lebih penting adalah menulis setiap hari.

6. Kebanyakan Otak-atik Template

Ini merupakan penyakit yang sering dialami blogger. Sama seperti saya dulu ketika baru mengenal blog. Terlalu sering mengotak-atik template blog yang sebenarnya tidak diperlukan. Lebih suka mengedit dan gonta-ganti tampilan blog. Saking sukanya hingga suatu hari ada yang keliru tentang kode html dan mengakibatkan error. Sehingga blog tidak bisa dibuka. Dan blog pun saya tinggalkan begitu saja.

Mengotak-atik tampilan blog sih boleh-boleh saja. Asalkan jangan terlalu berlebihan. Jika kamu ingin menjadi pembuat template blog memang kegiatan mengotak-atik kode pasti harus dilakukan. Namun, saran saya jangan gunakan blog utama sebagai bahan percobaan. Alangkah baiknya kamu membuat blog gratis lalu kamu otak-atik tuh tampilan.

Namun, apabila kamu ingin menjadi penyaji konten sebaiknya kamu tidak usah otak-atik berlebihan di blogmu. Cukup fokus terhadap kualitas artikel yang dibuat.

Demikianlah tadi informasi tentang penyebab blogger berhenti di tengan jalan yang bisa saya paparkan. Mungkin kamu pernah mengalaminya, jika pernah silahkan komen dibawah. Semoga artikel ini bisa membantu anda untuk tidak melakukan kesalahan seperti mereka. Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat silahkan kamu share artikel ini dimana saja.