Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Backlink Dofollow dan Nofollow, Blogger Harus Paham

Perbedaan Backlink Dofollow dan Nofollow

Backlink merupakan sebuah link dari situs lain yang menuju situs kita. Mungkin itu istilah singkat dari backlink.

Banyak sekali para blogger yang mencari backlink. Karena backlink sendiri banyak sekali manfaatnya untuk sebuah situs. Dan backlink juga bisa dikatakan sebagai salah satu cara untuk mendongkrak situs ke halaman utama.

Jika kamu sudah lama ngeblog mungkin kamu sudah biasa dengan kata backlink. Namun jika kamu masih pemula jangan kuatir, saya akan menjelaskan tentang manfaat backlink.

Baca juga: Formula Ampuh Menghasilkan Uang dari Blog

Manfaat Backlink

Setelah tahu manfaatnya mungkin anda langsung ingin segera mencari backlink. Nah, masalahnya mencari sebuah backlink itu tidak mudah. Kamu bisa membedakan sebuah backlink berkualitas dan sebaliknya. Karena kedua bisa berdampak yang berkebalikan. Backlink berkualitas dapat meningkatkan kepopuleran dan terlihat baik oleh Google. Sedangkan backlink yang tidak berkualitas akan membuat situs anda tidak disukai Google dan bisa ditendang SERP.

Jadi hati-hatilah dalam memilih backlink. Pastikan backlink yang kamu dapatkan adalah backlink yang berkualitas.

Setelah itu, yang harus anda tahu adalah backlink itu ada 2 yaitu backlink dofollow dan backlink nofollow. Gimana, apakah anda tahu perbedaan tentang keduanya? jika tidak tahu jangan khawatir, karena disini anda akan menemukan jawabannya.

Pada dasarnya penulisan sebuah link seperti berikut ini.

<a href="url_situs"'>tulisan</a> dan <a href="url_situs" rel="nofollow">tulisan</a>

Setidaknya kedua penulisan tadi yang digunakan untuk menulis sebuah link. Perbedaannya yang satu ada tambahan rel="nofollow" dan yang satunya lagi tidak ada.

Dengan kata tadi anda pasti sudah tahu yang mana dofollow dan yang mana nofollow. Yang berwarna merah itu adalah backlink dofollow. Sedangkan yang berwarna hijau itu merupakan backlink nofollow.

Kedua memang hanya beda pada kata rel="nofollow". Tapi perlu anda tahu bahwa ada perbedaan yang lebih mencolok. Yaitu fungsi dan efek yang diberikan oleh backlink dofollow dan nofollow.

Perbedaan Dofollow dan Nofollow

Perbedaan antara dofollow dan nofollow itu sangat mudah untuk dipahami. Jadi kamu nggak akan pusing.

Backlink dofollow adalah backlink dari situs lain yang sifatnya mengikuti. Backlink seperti ini yang terhitung sebagai poin oleh google. Dengan backlink tersebut, situs anda mendapatkan kepercayaan dari Google. Backlink seperti inilah yang akan meningkatkan peringkat situs di mesin pencari.

Sedangkan backlink nofollow adalah backlink yang sifatnya tidak mengikuti. Biasanya hanya berupa link biasa yang tidak dianggap poin oleh Google. Namun meskipun begitu backlink nofollow juga dapat meningkatkan trafik. Jadi kamu nggak perlu khawatir karena keduanya punya manfaat.

Bagaimana sudah paham tentang Dofollow dan Nofollow? semoga penjelasan diatas bisa membantu anda memahaminya.

Saran saya jika mencari backlink jangan hanya mencari yang dofollow saja. Sisipkan juga sebuah backlink nofollow. Meskipun kita tahu bahwa dofollow lebih baik tapi juga jangan melupakan yang nofollow. Kita tidak tahu sifat Google secara pasti, siapa tahu jika kita hanya mencari link dofollow kita malah dianggap spam. Jadi variasikan keduanya supaya terlihat natural.

Baiklah saya rasa sudah cukup mengenai pembahasan perbedaan backlink dofollow dan nofollow. Semoga pembahasan diatas dapat membantu anda dan menambah wawasan anda dalam SEO.