Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rahasia Tanboy Kun Membuat Konten Mukbang

rahasia tanboy kun

Siapa yang terlintas pertama kali di otakmu ketika mendengar youtuber mukbang atau youtuber makan-makan? Semua sepakat kalau channel Youtube Tanboy Kun merupakan channel yang terkenal dengan konten makannya.

Hingga tulisan ini dibuat, channel Tanboy Kun memiliki subscriber 15 juta lebih. Isinya tentang konten makan. Baik itu konten mukbang, review makanan, bahkan challenge makan. Pokoknya algoritma channel tersebut yaitu makan.

Aku penasaran mengenai pertumbuhan dan perkembangan channel tersebut. Kenapa dirinya bisa mendapat subscriber dan viewer yang banyak. Padahal banyak channel tentang makan seperti dirinya. Mulailah aku mengamati beberapa konten yang ada di channel Tanboy Kun. Channel tersebut sudah memproduksi video sejumlah 500an lebih. 

Perlu diketahui bawah konten makan itu tidak hanya soal makan. Walaupun itu intinya, tapi ada faktor lain yang perlu diperhatikan. Misalnya dari banyaknya makanan, pengambilan gambar, dan faktor teknis yang lainnya.

Baca juga: Membuat Video Tanpa Menampilkan Wajah yang Menghasilkan Dollar

Rahasia Tanboy Kun dalam membuat konten mukbang

Berikut ini merupakan hasil analisa dari channel Tanboy Kun. Setidaknya ada 4 faktor yang bisa aku dapatkan. 

rahasia tanboy kun

1. Shoot kamera

Membuat konten visual tentunya dibutuhkan pengambilan gambar yang bagus. Di channel Tanboy Kun ada beberapa kamera yang dipakai disetiap kontennya. Namun, kamera utama berada di depannya. Istilahnya sebagai kamera master.

Triknya yaitu menaruh kamera dekat di depan meja dan makannya. Sehingga makanan terlihat jelas. Makanan akan terlihat penuh dalam tampilan videonya. Dengan begitu bisa memberikan efek wow kepada penonton.

2. Meja dibuat agak tinggi

Seperti yang bisa kamu lihat foto diatas, bagaimana posisi meja. Meja dibuat agak tinggi, kira-kira setinggi dada. Kalau biasanya kita makan itu mejanya sejajar perut.

Efek dari meja dibuat tinggi yaitu makanan bisa terlihat jelas. Frame juga terlihat penuh dengan meja, makanan, dan bagian tubuh dada ke atas. 

3. Pengaturan lighting

Ternyata konten makan itu juga memperhatikan pencahayaan. Pencahayaan yang tepat bisa membuat makanan terlihat jelas. Detail komponen makan bisa terlihat, apa saja yang dalam meja tersebut. 

Penonton yang melihatnya tentu akan menggugah selera makan mereka juga. Kalau pencahayaan kurang tepat, makanan juga akan terlihat kurang menarik. Jadi, lighting atau pencahayaan ini harus diperhatikan apabila kamu ingin membuat sebuah konten makan.  

4. Penggunaan microphone

Salah satu yang menarik dari konten makan-makan adalah suara orang yang mengunyahnya. Suara-suara yang dihasilkan dari mengunyah makanan tersebut biasa disebut ASMR. ASMR ini bisa menjadi faktor orang melihat sebuah konten makan-makan. Suara orang mengunyah makan bisa menggugah selera makan seseorang yang mendengarnya.

Untuk itu diperlukan pengaturan microphone supaya ASMR bisa terdengar lebih jelas. Kebanyakan orang mengambil suara tersebut dengan menggunakan clip on. 

Baca juga: Kesalahan Youtuber Pemula

Itulah tadi hasil pengamatanku dari channel Tanboy Kun. Setidaknya ada 4 rahasia yang bisa kamu ketahui. Ini bisa jadi referensi apabila kamu ingin membuat konten seperti Tanboy Kun.

Selain itu, yang terpenting juga story alur yang menarik dan ekspresi ketika makan. Banyak orang yang membuat konten semacam itu. Tapi hanya sedikit yang bisa berhasil. Salah satunya yaitu Tanboy Kun. Dibutuhkan strategi untuk membangun sebuah channel. Pelajari dulu, lalu mulailah praktek.