Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Akibat Kurang Percaya Diri?

Akibat Kurang Percaya Diri

tidak percaya diri - Rasa percaya diri sangat penting dalam menjalani kehidupan saat ini. Karena untuk melakukan segala sesuatu dibutuhkan kepercayaan diri supaya hasilnya maksimal. Namun, tidak semua orang bisa memiliki rasa percaya diri. Ada banyak faktor yang membuatnya merasa tidak percaya diri. Misalnya, tidak memiliki kemampuan yang memadai, tidak good looking, hingga tidak memiliki banyak harta.

Memang manusia tidak ada yang sempurna. Setiap individu pasti memiliki kekurangan. Namun, bukan berarti kekurangan tersebut menghalangi kamu untuk sukses. Kamu masih memiliki kesempatan yang sama dengan orang lain. Jangan sampai kamu kehilangan rasa percaya diri. Ketika kamu kehilangan rasa percaya diri, banyak kerugian yang akan kamu dapatkan. 

Dampak Kurang Percaya Diri

Berikut ini adalah akibat yang akan didapatkan jika kehilangan rasa percaya diri. Simaklah dan analisa apakah kamu sudah merasakan salah satu dampaknya atau belum. Kalau belum bersyukurlah, tapi kalau sudah ada dampaknya segera perbaiki diri dan tingkatkan rasa percaya diri. Kamu bisa membaca cara agar percaya diri.

1. Tidak Berani Meminta Tolong

Kita ini adalah makhluk sosial yang saling membutuh satu sama lain. Tidak mungkin dapat melakukan semuanya sendirian. Pastinya ada suatu hal yang tidak bisa kita lakukan. Sehingga cara menyelesaikannya adalah dengan meminta bantuan orang lain.

Namun, untuk meminta tolong orang itu perlu menekan ego dalam diri. Menghilangkan rasa gengsi untuk meminta bantuan orang lain.

Selain itu, rasa takut merepotkan orang lain yang membuat seseorang hilang rasa percaya diri untuk meminta tolong. Padahal anda tidak memiliki maksud tersebut. Sehingga anda akhirnya tidak berani untuk meminta tolong kepada orang lain.

2. Takut Bergaul dengan Teman

Merasa tidak percaya diri untuk bergaul dengan teman, takut dibully, dan semacamnya. Sehingga memilih untuk menyendiri.

Padahal yang namanya manusia itu pasti tidak ada yang sempurna. Setiap orang memiliki kekurangannya masing-masing. Tinggal kita yang harus menerima dan berdamai dengan kekurangan tersebut. Karena kalau tidak begitu, anda akan terbelenggu oleh rasa minder dan rendah diri. Sehingga malu untuk bergaul dengan orang.

3. Sudah Mencari Pekerjaan

Salah satu tujuan sekolah dan perguruan tinggi selain belajar adalah mendapatkan teman dan relasi yang banyak. Sehingga nantinya dapat membantu ketika sedang kesusahan. Salah satu keuntungan memiliki relasi adalah memperbesar peluang mendapatkan pekerjaan. Kita bisa dapat banyak info dari relasi yang kita miliki.

Menutup diri dengan tidak adanya rasa percaya diri hanya akan menyulitkan diri sendiri. Peluang pekerjaan juga akan sempit.

Bahkan salah satu faktor penerimaan kerja adalah memiliki rasa percaya diri. Kecil kemungkinannya apabila ada orang yang tidak percaya diri lolos seleksi masuk kerja. Setiap perusahaan pasti akan mempertimbangkan sikap dan rasa percaya diri.

4. Sulit Mengembangkan Potensi Diri

Setiap orang memiliki potensi dalam dirinya. Potensi tersebut harus dikembangkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kendala untuk mengembangkan potensi tersebut adalah tidak punya rasa percaya diri.

Merasa kemampuannya kurang dan takut memperlihatkannya ke orang lain. Padahal seandainya berani menampilkannya tanpa takut gagal, kita bisa meminta pendapat orang tersebut. Apakah sudah bagus atau belum. Kalau misalnya kurang, kita bisa memperbaikinya setelah.

Orang yang tidak percaya diri itu taku mendapat komentar buruk dari orang. Selalu mengharapkan komentar yang bagus. Padahal itu tidak mungkin. Komentar negatif dan kritik akan selalu ada. Dan itu seharusnya tidak membuat mental anda jatuh. Melainkan bisa anda gunakan untuk memotivasi diri menjadi lebih baik.

5. Sulit Mendapat Jodoh

Jodoh tidak serta merta datang atau jatuh dari langit. Butuh usaha yang harus dilakukan. Mulai dari berkenalan hingga menikah. Salah satu penghambat datangnya jodoh adalah karena tidak percaya diri. Takut untuk berkenalan dengan lawan jenis. Merasa dirinya tidak pantas dengan orang tersebut.

Tidak ada yang tahu respon orang sebelum anda berani mencobanya. Jadi, percaya diri saja dan coba tantang diri anda. Jangan hanya menunggu. Percaya diri saja untuk berkenalan dan mendekatinya. Dari situ anda bisa tahu responnya apakah dia tertarik dengan anda atau tidak.

Kalau anda hanya minder dan menutup diri, jangan harap jodoh akan datang. Lawan jenis tidak akan pernah tahu perasaan anda jika anda hanya memendamnya. 

Orang dengan kepercayaan diri yang tinggi juga bisa menambah wibawa dan kharisma. Sehingga orang yang melihatnya akan yakin dan suka.

Itulah tadi dampak yang akan didapatkan apabila tidak memiliki rasa percaya diri. Pertimbangkan dampak buruk tersebut supaya anda termotivasi untuk memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Jangan pernah merasa minder dengan kekurangan yang dimiliki. Berdamailah dengan kekurangan tersebut dan tingkatkan kelebihan yang anda miliki supaya bisa menjadi lebih percaya diri. Namun juga jangan terlalu percaya diri berlebihan. Anda bisa membaca apa akibatnya jika percaya diri berlebihan?