Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Sudah Berusaha dan Berdoa Tapi Masih Gagal?

penyebab usaha selalu gagal

penyebab selalu gagal - Kesuksesan merupakan impian semua orang. Tidak ada satupun orang yang berpikir untuk gagal. Namun, meraih kesuksesan tidak semudah mengedipkan mata.

Kenyataannya hanya sebagian orang yang berhasil meraih kesuksesan. Sisanya harus menerima kegagalan dalam hidup.

Banyak pertanyaan yang timbul kenapa seseorang terus-menerus mengalami kegagalan. Padahal usaha dan doa sudah dilakukan seperti mereka yang sukses.

Ternyata selain doa dan usaha, ada faktor lain yang dapat mempengaruhi kesuksesan. Faktor tersebut yaitu mindset atau cara berpikir.

Cara berpikir ini sangat penting bagi orang yang sedang berjuang menuju kesuksesan. Cara berpikir bisa menjadi penghambat anda sukses. Bisa juga menggagalkan doa yang telah anda panjatkan sebelumnya.

Penyebab Gagal dalam Hidup

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab anda terus mengalami kegagalan. Padahal usaha yang dilakukan sudah sama dengan yang lain atau malah lebih. Namun tetap saja belum berhasil. Berikut ini adalah penyebab kegagalan.

Baca juga: Cara Mengatasi Rasa Minder dengan Mudah

Rasa Benci

Benci bisa menjadi penyebab utama kegagalan. Rasa benci yang sudah masuk dalam diri sangat kuat pengaruhnya terhadap penerimaan kita. Orang yang sudah benci terhadap sesuatu akan sulit untuk menerimanya. Bahkan melihat, mengucapkan, atau mendengarkannya saja tidak akan mau.

Rasa benci ini akan menimbulkan energi negatif dalam diri. Menutup hal-hal baik yang datang dari yang anda benci tersebut.

Misalnya saja ketika anda benci dengan seseorang. Otomatis anda tidak mau mendengarkan perkataan dari orang tersebut. Padahal ada informasi atau kebaikan yang akan diberikannya. Namun karena anda sudah terlanjur membencinya, sehingga tidak dapat menerimanya.

Ketika sekolah pastinya anda pernah membenci suatu mata pelajaran tertentu atau guru yang tidak anda sukai. Pada saat pelajaran tersebut anda pastinya tidak nyaman dan tidak ingin mendengarkannya. Sehingga anda tidak mendapatkan ilmu tersebut.

Berkata Tidak Bisa

Kata tidak bisa itu seperti anda menutup diri. Tidak mau mencari tahu terlebih dahulu. Makanya dulu waktu sekolah, guru-guru melarang untuk berkata tidak bisa. Dan menyarankan untuk mengubah kata tidak bisa menjadi belum bisa. Karena kata belum bisa itu memiliki makna yang lebih positif. Yaitu masih ada keinginan atau niatan untuk menjadi bisa. Sedangkan kata tidak bisa ini seperti sudah paten tidak mau belajar untuk menjadi bisa.

Kata tidak bisa dapat mempengaruhi otak. Memberikan sugesti bahwa anda tidak akan bisa mendapatkan atau suatu hal tertentu. Hapuslah kata tidak bisa dalam diri anda. Supaya anda mau terus mencari tahu suatu hal yang belum anda ketahui lebih mendalam.

Mudah Bosan

Rasa bosan bisa muncul saat kita melakukan sesuatu secara berulang-ulang. Sehingga munculah rasa bosan dan menginginkan untuk berhenti melakukannya. Padahal orang yang sukses itu memiliki konsistensi yang tinggi. Mau melakukannya terus-menerus meskipun berulang-ulang.

Orang yang berhasil itu tidak mudah bosan. Kalaupun merasa bosan biasanya memiliki cara untuk mengusirnya. Coba saja kalau misalnya Thomas Alva Edison bosan pada saat sedang melakukan percobaan membuat lampu berulang-ulang. Pastinya tidak akan ada saat ini teknologi yang namanya lampu.

Walaupun rasa bosan ini merupakan hal yang wajar, namun anda tidak boleh membiarkannya. Hilangkan rasa bosan yang mulai datang dalam diri anda. Karena kalau anda mudah bosan melakukan sesuatu, maka anda akan selalu gagal dalam berbagai bidang yang anda coba.

Tidak Jujur

Jujur ini memang sebuah sikap yang wajib dimiliki semuanya. Karena kebohongan itu tidak baik. Membohongi seseorang dengan keuntungan sendiri hanya membuat anda akan dibenci pada akhirnya. Membuat orang lain tidak dipercaya lagi.

Orang yang ketahuan tidak jujur akan terus melekat predikat ketidakjujurannya hingga tua. Jujur tidak hanya kepada orang lain. Melainkan juga harus jujur terhadap diri sendiri. Jangan pernah membohongi diri anda. Karena anda akan kepikiran dan terbebani terus-menerus. Ketika anda bisa jujur kepada diri sendiri, anda bisa lebih tenang dan bahagia dalam melakukan berbagai hal.

Terburu-buru

Mengharapkan mendapatkan hasil dengan cepat juga tidak bagus. Karena disitu ada yang namanya proses. Proses itu butuh waktu untuk mendapatkan hasil yang baik.

Segala sesuatu yang dilakukan dengan terburu-buru hasilnya pasti tidak bagus. Coba saja anda membuat adonan roti dengan terburu-buru. Adonan tersebut bisa kacau dan tidak maksimal. Berkendara juga tidak boleh terburu-buru. Karena itu bisa mengancam nyawa sendiri dan orang lain. Orang yang berkendara terburu-buru sangat membahayakan di jalan. Mengabaikan rambu-rambu yang ada di jalan dan menimbulkan kecelakaan

Maka dari itu dalam melakukan sesuatu jangan terburu-buru. Lakukan perlahan namun pasti. Hargailah proses yang sedang anda jalani. Jangan terburu-buru ingin mendapatkan hasil yang cepat.

Baca juga: Jangan Mengejar Dua Tujuan secara Bersamaan

Itulah tadi 5 alasan yang bisa membuat anda masih tetap gagal hingga saat ini. Butuh introspeksi diri untuk bisa mengetahui apa penyebabnya. Berdoa dan berusaha tetap harus dilakukan. Jangan pernah ditinggalkan. Selain itu ada sikap dan pemikiran anda yang harus diperbaiki untuk mencapai kesuksesan. Lakukan semua itu mulai dari sekarang.