Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Akibatnya Jika Percaya Diri Secara Berlebihan?

akibat percaya diri berlebihan

akibat percaya diri berlebihan - Percaya diri merupakan suatu sikap yang harus dimiliki semu orang. Karena dengan percaya diri, segala sesuatu dapat dilakukan dengan maksimal. Contohnya ketika orang menendang bola. Apabila ragu-ragu menendangnya, hasilnya juga akan tidak terarah. Namun, jika dilakukan dengan rasa percaya diri yang tinggi, tendangannya pasti akan mengarah dan kuat.

Maksud dari percaya diri adalah menerima kondisi diri dan percaya dengan kemampuan yang dimiliki. Dengan itulah segala sesuatu yang dilakukan akan menghasilkan sesuatu yang maksimal.

Manfaat Percaya Diri

Banyak manfaat yang akan didapatkan apabila memiliki rasa percaya diri. Berikut ini beberapa manfaat jika punya rasa percaya diri.

Baca juga: Cara Menghilangkan Rasa Malu saat Bicara di Depan Umum

1. Terlihat Berwibawa

Tidak semua orang berani tampil di depan banyak orang. Sedangkan orang yang percaya diri akan terlihat berbeda ketika tampil di depan banyak orang. Mereka akan terlihat tenang dan berwibawa. Orang akan menghargai anda.

2. Tidak Takut Salah

Melakukan sebuah kesalahan merupakan hal yang wajar. Namun, banyak orang yang takut melakukan sebuah kesalahan. Sehingga melewatkan kesempatan yang ada di depan mata. Kelebihan orang yang percaya diri adalah tidak takut salah. Selalu memanfaatkan kesempatan yang ada.

Akibat Jika Percaya Diri Berlebihan

Percaya diri harus dimiliki setiap orang. Namun perlu ditekankan juga untuk jangan percaya diri terlalu berlebihan. Karena percaya diri berlebihan akan menjadi serangan balik buat anda sendiri. Berikut ini adalah akibat jika percaya diri terlalu berlebihan.

1. Menjadi Orang yang Tidak Asik

Orang yang percaya diri berlebihan malah bisa mengarah ke sombong dan sok-sokan. Sehingga menjadi tidak asik untuk diajak berteman. Lama-lama kalau tidak segera mengubah sikap tersebut, bisa jadi teman-teman akan menjauh.

2. Menjadi Egois

Dampak dari percaya diri yang berlebihan adalah menjadi orang yang egois. Merasa dirinya benar sendiri. Bahkan terkadang mengabaikan temannya.

Perlu diingat, bahwa manusia itu makhluk sosial, tidak bisa hidup sendiri. Ketika anda dijauhi teman atau bahkan terkena sanksi sosial akan sangat merugikan anda sendiri. Hal tersebut yang akan menjatuhkan diri anda sendiri.

Contoh Egois Karena Percaya Diri Berlebihan

Contohnya ketika dalam sebuah kelompok di sekolah atau kuliah. Kelompok tersebut akan mempresentasikan hasil diskusi dan belajarnya. Dalam suatu kelompok pastinya berisi bermacam-maca orang. Pasti ada orang yang sangat berpengaruh di kelompok tersebut. Sehingga terkadang muncul sifat egoisnya.

Merasa paling penting di kelompok tersebut. Lalu bertindak seenaknya yang membuat teman lain sebel dan terjadi konflik. Apalagi kalau sudah sampai berani menyalahkan teman lainnya. Itulah pengaruh sifat egois yang muncul dalam diri.

Baca juga: Cara Menghadapi Teman yang Naksir Kita

Itulah tadi akibat dari rasa percaya diri yang berlebihan. Banyak kerugian-kerugian yang didapatkan ketika terlalu percaya diri. Maka dari itu perlu untuk mengontrol diri supaya tidak sampai melampaui batas. Jangan sampai anda menyesal di kemudian hari.