Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cepat Mendapatkan Pekerjaan yang Diinginkan

cara mendapatkan pekerjaan

cara mendapatkan pekerjaan - Bekerja merupakan kewajiban bagi orang yang sudah beranjak dewasa. Sudah bukan waktunya lagi membebani orang tua. Harus bisa mandiri menghidupi diri sendiri.

Tuntutan itulah yang terkadang membuat orang bingung dan panik dalam mencari pekerjaan. Sehingga membuat lamaran kerja yang random. Segala macam lowongan dicoba. Entah itu sesuai atau tidak dengan isi hati. Yang penting dapat pekerjaan. Itulah yang dilakukan kebanyakan orang saat ini.

Padahal itu tidak baik untuk kedepannya. Iya kalau misalnya kamu diterima di pekerjaan yang kamu suka, kalau misalnya tidak bagaiaman? Tidak ada yang bisa kamu salahkan. Karena itu merupakan keputusan sendiri.

Itulah kenapa banyak orang yang baru kerja sebentar sudah memutuskan berhenti kerja dan mencari pekerjaan yang lain. Mungkin kalau kamu masih mudah tidak apa-apa, karena masih memiliki waktu untuk bekerja di tempat lain.

Baca juga: Cara Menjadi Orang yang Berwibawa dan Disegani

Cara Mendapatkan Pekerjaan yang Diinginkan

perlu berhati-hati dalam melamar pekerjaan. jangan melamar atas dasar nafsu karena orang lain sudah bekerja dan kamu belum. tetap gunakan logika untuk memilih pekerjaan. Perhitungkan juga tempat dan jobdesc yang akan kamu dapatkan nantinya. Supaya nanti tidak kaget karena salah perkerjaan. Berikut ini adalah cara mendapatkan pekerjaan yang sesuai.

1. Mantapkan Dulu Mau Kerja Sebagai Apa

Tanyakan pada diri sendiri ingin menjadi apa. Untuk berjalan itu harus tahu tujuan akhirnya. Sehingga tidak nyasar dalam perjalanan. Tetapkan tujuan di awal. Kamu nantinya ingin menjadi apa, lalu turunkan dan buat percabangan opsi untuk mencapai karir tersebut.

2. Menentukan Minat

Kebanyakan orang mencari kerja bukan berdasarkan minat, melainkan berdasarkan ijazah yang dimiliki. Itu menjadi tepat kalau misalnya minat dan ijazah kamu berkaitan. Namun, banyak orang yang tidak minatnya ternyata bukan di jurusan yang ditempuh sebelumnya.

Tidak ada kewajiban lulusan Akuntansi harus bekerja di bank. Semua itu tergantung minat dan keterampilan yang kamu miliki. Karena kalau tidak sesuai minat, pasti akan berat menjalani hari-hari dalam bekerja. Lakukan introspeksi diri dan bertanya kepada diri sendiri. Kecenderungan apa yang kamu sukai dan sering kamu tekuni.

3. Buatlah CV dari Sekarang

Curriculum Vitae atau yang biasa disingkat CV adalah dokumen yang didalamnya berisi data diri, riwayat sekolah, riwayat kerja, dan keahlian yang dimiliki. CV sangat penting dalam melamar suatu pekerjaan. Karena langkah awal untuk melamar kerja adalah mengirimkan cv.

CV ini merupakan pintu masuk ke suatu perusahaan. Jadi, buatlah CV dengan bagus dan semenarik mungkin. Kesalahan kebanyakan orang itu buat cv terlalu mepet pada saat mencari lowongan kerja. Sehingga hasilnya tidak bisa maksimal. Luangkan waktu jauh-jauh hari untuk membuat cv yang bagus dan menari. Baru setelah itu mencari lowongan kerja dan melamarnya.

4. Mencari Lowongan Kerja

CV sudah dibuat kini saatnya mencari lowongan kerja. Saat ini cukup mudah untuk mencari informasi lowongan kerja. Bisa mencari lewat sosial media, website, dan media lainnya. Teknologi memudahkan dalam mencari informasi. Sehingga banyak sekali sebenarnya lowongan kerja. Tinggal kemauan kamu untuk mencari informasi. Bahkan sekarang melamarnya banyak yang tinggal mengirim CV secara online. Sehingga tidak perlu mengirim hardfile. Jadi jangan malas untuk mencari lowongan yang sesuai dengan yang diinginkan sebelumnya.

5. Mempersiapkan Wawancara

Ketika kamu sudah melamar pekerjaan, harus siap dipanggil untuk melakukan interview. Mempertanggung jawabkan apa yang kamu tulis di cv dan menguji wawasan. Kesalahan banyak sebagian besar orang itu tidak pernah mempersiapkan interview. Merasa sudah menguasai dan mengalir aja. Namun, pada saat hari-H sering gugup dan ngeblank. Karena memang kurangnya mental dan latihan. Segala sesuatu itu butuh persiapan dan latihan. Begitu juga dengan interview. Latihan bicara dan menjawab pertanyaan dengan tata bahasa yang bagus.

Baca juga: Analogi Kekayaan dan Kemiskinan dengan Kopi

Itulah tadi usaha yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Memang tidak mudah untuk mencari pekerjaan. Apalagi lowongan dapat diakses semua orang dengan mudah. Sehingga pasti banyak orang yang tahu dan ikut melamar. Jadi persiapkan diri dengan baik supaya dapat memikat. Jangan pernah menyerah dan terus berusaha semaksimal mungkin.