Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menenangkan Hati dan Pikiran Setelah Putus Cinta

cara menenangkan diri setelah putus cinta

cara menenangkan diri setelah putus cinta - Resiko dari jatuh cinta adalah berani sakit hati. Karena tidak ada jaminan hubungan bisa berakhir bahagia. Kadang harus merasakan putus cinta. Disaat itulah biasanya orang akan merasakan sakit hati ketika putus cinta.

Putus cinta bisa mempengaruhi psikologi seseorang. Ada orang yang kalau putus cinta sedihnya berlarut-larut. Kemudian juga ada yang sampai stress. Bahkan yang paling mengerikan adalah melakukan tindakan menyakiti diri sendiri atau melakukan tindakan kriminal. Itulah dampak buruk putus cinta.

Maka dari itu jika kamu ingin menjalin hubungan dengan lawan jenis, pikirkan terlebih dahulu resiko apa saja yang akan kamu terima. Sehingga nanti bisa mengantisipasi apabila terjadi kemungkinan buruknya.

Segera Move On dari Mantan

Hal utama yang harus dilakukan setelah putus cinta adalah dengan segera mungkin melupakan mantan. Memulai kehidupan baru yang tidak lagi bergantung dengan pasangan. Harus bisa mandiri dalam segala hal. Tidak menutup hati dan pikiran dengan menganggap semua cowok atau cewek sama seperti mantan kamu. Ada beberapa keuntungan jika kamu bisa melupakan dan tidak tergantung kepada mantan.

  • Hati menjadi bahagia.
  • Tidak gampang cemas dan khawatir.
  • Hidup lebih santai.
  • Meningkatkan rasa percaya diri.

Banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan apabila bisa segera move on dari mantan. Merubah diri dalam sekejap memang tidak mudah. Butuh usaha dan waktu untuk melakukannya. Ada banyak cara yang bisa membantu kamu mempercepat proses tersebut. Sehingga hati dan pikiran bisa lebih tenang setelah putus cinta.

Baca juga: Apa Akibatnya Jika Percaya Diri Terlalu Berlebihan?

Cara Mengobati Diri Setelah Putus Cinta

Berikut ini adalah usaha yang bisa kamu lakukan untuk menenangkan diri setelah patah hati karena putus cinta. Silahkan ikut tips dibawah ini.

1. Berolah raga

Olahraga bisa menjadi alternatif untuk melampiaskan rasa sesal menjadi positif. Daripada kamu capek dan lelah memikirkan mantan seharian, lebih baik lelah karena berolahraga. Tubuh akan lebih sehat dan bagus. Sehingga bisa jadi malah membuat mantan menyesal karena tubuh atletis.

2. Mengubah Penampilan

Cobalah untuk mengubah gaya penampilan kamu yang berbeda dari dulu masih pacaran. Sehingga kamu akan merasakan suasana baru dan lebih cepat untuk melupakannya. Kalau gaya kamu tetap, biasanya akan selalu teringat dulunya ketika masih pacaran.

3. Jangan Menyendiri

Menyendiri hanya akan membuat kamu teringat-ingat mantan. Justru itu bisa menambah depresi kamu. Cobalah untuk berkumpul atau nongkrong bersama teman. Cari teman baru sebanyak-banyaknya. Dari situ akan mendapatkan pengalaman dan sudut pandang  yang baru. Hati juga bisa lebih bahagia dengan bercanda dengan teman. Sehingga tidak kepikiran mantan terus.

4. Sering Diskusi

Orang yang sedang patah hati biasanya hanya diam dan pikiran kosong. Kalau dibiarkan lama-lama bisa menjadi gila. Jadi carilah orang yang bisa diajak berdiskusi. Diskusi tidak harus topik-topik berat. Diskusi kehidupan sehari-hari sambil diselingi dengan bercandaan yang menghibur. Jangan hanya pasif dalam berdiskusi. Ikut aktif untuk berbicara apapun yang kamu pikirkan.

Baca juga: Cara Menghadapi Teman yang Naksir Kita

Demikianlah usaha yang bisa kamu lakukan untuk menenangkan hati dan pikiran setelah putus cinta. Dengan itu, kamu tidak terus-menerus terlarut dalam kesedihan. Dan bisa menjalani kehidupan yang baru.