Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghadapi Orang yang Selalu Membicarakan Kita

cara menghadapi orang yang ngomongin kita

cara menghadapi orang yang ngomongin kita - Dalam lingkup pertemanan, tetangga, dan kerabat sering kali terjadi hal-hal yang tidak enak. Konflik selalu ada dalam kumpulan orang. Entah itu karena perilaku atau perkataan yang menyinggung perasaan.

Tanpa sadar kita pastinya pernah melakukan hal yang kurang berkenan menurut mereka. Walaupun kalau menurut diri sendiri sudah baik. Namun tidak ada yang bisa memastikan orang tersebut suka atau tidak.

Respon setiap orang tidak ada yang bisa tahu. Terkadang ada juga orang yang memilih ngomongin kita di belakang. Kita tidak bisa mengontrolnya. Lalu apa yang seharusnya dilakukan ketika ada yang ngomongin kita di belakang?

Cara Mengatasi Orang yang Suka Membicarakan Kita

Berikut ini adalah cara yang perlu kamu lakukan ketika menghadapi orang yang selalu membicarakan kita. Tidak perlu kita membalas keburukan dengan keburukan. Balaslah dengan sebuah kebaikan.

Baca juga: Cara Menghadapi Teman yang Naksir Kita

1. Memaafkan Orang yang Membicarakan

Memaafkan orang yang berbuat buruk terhadap kamu merupakan hal yang sulit. Karena merasa terlukai oleh orang tersebut. Sehingga cukup sulit untuk melupakan dan memaafkannya.

Namun, orang yang bijak akan memaafkannya terlebih dahulu. Karena tahu menyimpan sakit hati dan dendam hanya akan menguras energi saja. Padahal energi tersebut bisa disalurkan untuk hal positif yang lainnya. Jika kita membalas perbuatan jelek dengan perbuatan jelek, apa bedanya kita dengan orang tersebut. Apakah anda mau disamakan dengan orang yang perilakunya rendah?

2. Bersikap Diam

Memilih diam merupakan pilihan yang tepat daripada harus memperdebatkan hal yang kurang berfaedah. Orang yang tidak suka dengan kamu akan selalu menilai jelek tentang dirimu. Kita tidak perlu membalasnya. Karena tadi sudah memilih memaafkannya. Bersikap diam dan tidak membalasnya adalah pilihan yang sangat tepat.

3. Tetap Berbuat Baik

Suatu keburukan jika dibalas dengan keburukan, akan menghasilkan keburukan yang lebih besar lagi. Namun, apabila keburukan dibalas dengan kebaikan akan menjadi sebuah counter attack yang bisa membuat malu orang yang suka membicarakan kamu. Orang itu akan malu sendiri ketika niat buruknya malah dibalas dengan sebuah kebaikan. Bahkan bisa saja dengan tindakan tersebut malah membuat orang tersebut menjadi baik terhadap kamu. Kita tidak pernah tahu yang terjadi kedepannya. Tuhan yang memiliki wewenang untuk membolak-balikan hatinya.

4. Tetap Bekerja dan Berkarya

Ketika orang lain sedang membicarakanmu, abaikan dan fokuslah terhadap karir dan masa depan. Sehingga bisa lebih maju di depan orang tersebut. Membalas dengan hasil dan prestasi yang bagus jauh lebih menohok dibanding hanya sekedar omongan. Orang yang ngomongin dibelakang itu biasanya sedang iri dengan apa yang sudah kamu capai saat ini.

5. Fokus Terhadap Diri Sendiri

Ketika orang lain lebih fokus untuk ngomongin kamu, kamu harus tetap fokus terhadap diri sendiri. Jangan berikan waktu untuk mengurusi orang lain. Fokus terhadap diri sendiri jauh lebih positif dan mudah mendapatkan kebahagiaan. Kita tidak dapat mengontrol opini orang terhadap kita. Maka dari itu, jangan pernah menggantungkan kebahagiaan kepada komentar orang.

Cintailah diri sendiri dan fokus terhadap kesuksesan yang diimpikan. Jangan sampai tersandung dengan omongan orang. Yang bisa jadi omongan tersebut belum tentu benar. Karena orang itu hanya menilai kita dari luar. Jadi, tidak perlu mengambil omongan orang tersebut.

Baca juga: Cara Supaya Disukai Banyak Orang

Jadilah orang yang bijak yang mampu mengontrol diri. Jangan sampai kamu dikontrol orang lain. Karena orang lain tidak ingin melihat kamu sukses. Mereka hanya ingin kamu berada di bawah mereka terus-menerus. Itulah tadi cara untuk menghadapi orang yang selalu membicarakan kita. Tetap semangat dan fokus ke tujuan awal. Jangan berhenti hanya karena omongan orang.