Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghafal dengan Cepat dan Tidak Mudah Lupa

cara cepat menghafal dan tidak mudah lupa

cara cepat menghafal - Menghafal merupakan kemampuan untuk mengingat sesuatu ke dalam otak. Kemudian otak akan mereka informasi yang didapatkan tadi. Sehingga sewaktu-waktu informasi tersebut dibutuhkan, bisa langsung diberikan dengan cepat.

Menghafal itu butuh latihan yang berulang-ulang. Karena otot otak perlu dilatih supaya memiliki kemampuan daya ingat yang bagus. Ketika otak sudah terbiasa dilatih, maka kemampuannya juga meningkat.

Kemampuan menghafal sangat dibutuhkan bagi siswa dan mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan. Karena ada beberapa pelajaran yang memang membutuhkan kemampuan menghafal. Entah untuk menghafal rumus atau teori-teori tertentu.

Maka dari itu melatih dan merawat kemampuan otak sangat dibutuhkan siswa. Sehingga tidak mudah lupa dengan materi pelajaran yang telah diberikan oleh guru. Merawat otak bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Misalnya sayur-sayuran, buah, dan ikan. Makanan yang sehat dapat membantu memberikan zat yang dibutuhkan oleh otak.

Baca juga: Cara Menjadi Orang yang Berwibawa

Cara Mudah Menghafal dengan Cepat

Lalu bagaimana cara supaya mudah mengingat pelajaran dan tidak lupa? Berikut ini merupakan tips yang bisa anda lakukan untuk dapat menghafal pelajaran dengan cepat.

Pertama

Gigih dan patang menyerah. Jangan pernah putus asa ketika baru mencoba melatih daya ingat. Lakukan terus hingga otak mulai terbiasa. Jadilah orang yang optimis dalam melakukan apapun.

Kedua

Mengulang secara terus-menerus. Misalnya ingin menghafal suatu teori. Baca berulang-ulang hingga teori tersebut melekat pada otak. Kalau anda membacanya hanya sekali, tentu akan sulit untuk menghafalnya. Kecuali kalau memang anda orang yang jenius mampu menghafal dengan sekali melihat.

Ketiga

Jangan langsung menghafal dalam jumlah banyak. Otak memiliki kapasitas yang tidak bisa dipaksa. Apabila memaksanya akan sia-sia. Namun otak dapat dilatih untuk meningkatkan kemampuannya. Jadi, mulailah menghafal dengan sedikit demi sedikit. Daripada sekali langsung banyak, tapi lupa besoknya.

Keempat

Konsentrasi. Menghafal butuh fokus dan konsentrasi. Jauhkan segala macam hal yang dapat mengganggu konsentrasi anda. Benda-benda seperti hp atau tv biasanya menjadi pengganggu untuk konsentrasi. Apalagi saat ini orang tidak bisa jauh dari yang namanya hp. Anda harus memaksa dan meluangkan waktu untuk konsentrasi dengan menjauhkan hp.

Kelima

Istirahatkan otak. Otak juga dapat lelah apabila digunakan untuk berpikir terus. Maka dari itu, luangkan waktu untuk mengistirahatkan otak dengan cara tidur. Tidur yang cukup sangat bagus otak supaya tidak mudah lelah saat digunakan.

Baca juga: Kenapa Sudah Berusaha dan Berdoa Tapi Masih Gagal?

Demikian tadi cara menghafal pelajaran cepat dan tidak mudah lupa. Lakukan cara diatas berulang-ulang hingga anda terbiasa. Karena otak butuh dilatih untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jangan menjadi orang malas yang jarang menggunakan otaknya. Menghafal itu butuh pengulang puluhan hingga ratusan kali. Sehingga apa yang dihafalkan melekat di dalam otak. Dan anda tidak akan mudah lupa.