Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjadi Orang yang Berwibawa dan Disegani

cara menjadi berwibawa dan disegani

cara menjadi berwibawa dan disegani - Menjadi orang yang berwibawa dan disegani. Pasti anda pernah bertemu dengan orang yang terlihat berwibawa. Hingga anda segan untuk berkata atau bersikap yang kurang baik.

Orang yang berwibawa biasanya sangat dihormati oleh orang lain. Bahkan bisa menjadi orang yang berpengaruh pada suatu perkumpulan atau lingkungan.

Berwibawa itu bukan suatu bakan yang ada sejak lahir. Melainkan bisa dimilki oleh siapapun.

Cara agar berwibawa dan disegani

Pastinya anda bertanya-tanya bagaimana cara menjadi berwibawa? Menjadi berwibawa itu bisa dilatih. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjadi orang yang berwibawa. Berikut adalah cara supaya menjadi orang yang berwibawa dan disegani.

Baca juga: Kenapa Sudah Berusaha dan Berdoa Tapi Masih Gagal?

Menjaga Perkataan

Orang yang berwibawa tidak bicara sembarangan. Perkataannya tersusun rapi dan tidak menyinggung. Menjaga perasaan orang lain dengan tidak menyinggung perasaannya melalui tutur kata. Selain itu, orang berwibawa tidak suka membicarakan hal-hal yang tidak penting.

Jaga lisanmu agar tidak menyakiti orang lain, berbicaralah dengan tegas tapi santun. Tetapi Tidak menusuk hati orang dan jangan terlalu berlebihan berbicara. Apalagi membicarakan hal yang tidak penting.

Misalnya ketika anda bertemu dengan orang yang baru dikenal. Jangan terlihat seperti sok akrab. Kemudian terlalu banyak ngomong sendiri dibanding ngobrol. Darisitu justru membuat orang mudah menebak sifat anda. Buatlah orang yang pertama kali kenal penasaran dengan anda dengan.

Penampilan  menarik

Dalam budaya Jawa ada istilah ajining rogo soko busono. Yang berarti harga diri dapat dilihat dari penampilannya. Pakaian anda mencerminkan diri anda.

Ketika anda ingin dihargai, berpakaianlah yang sopan dan rapi. Dengan begitu anda akan terlihat berwibawa. Coba posisikan diri anda sebagai orang yang melihat seseorang berpakaian tidak rapi. Pastinya akan hilang respect terhadapnya. Dan yang lebih parah bisa dianggap kurang baik.

Berpenampilan yang menarik juga harus melihat situasi dan kondisinya. Jangan sampai salah memakai pakaian. Misalnya di acara formal, anda juga memakai pakaian yang formal. Jangan malah berpakaian yang tidak sesuai dengan acara.

Menjadi Panutan

Menjadi panutan bagi orang lain berarti tingkah laku dan perbuatan anda akan diperhatikan. Sehingga anda harus memberikan contoh yang baik dalam segala hal. Contohnya yang paling mudah adalah tokoh agama yang ada di lingkungan anda. Tokoh agama pasti akan disegani oleh orang yang mengenalnya karena tingkah laku yang bagus. Bukan berarti anda harus menjadi tokoh agama. Yang terpenting lakukan perbuatan yang baik kepada semua orang.

Memiliki Kekuasaan

Memiliki kekuasaan bukan berarti sebuah jabatan saja. Melainkan dapat berupa menjadi orang yang terpandang atau orang kaya. Orang-orang tersebut akan disegani oleh orang disekitarnya.

Anda pasti akan menghormati ketika bertemu dengan pak rt dan pak lurah. Karena mereka memiliki suatu jabatan. Itu juga berlaku dengan orang kaya yang berada di lingkungan anda. Mereka akan disegani oleh lingkungannya.

Memiliki Wawasan Luas

Pernah anda ngobrol dengan orang yang ternyata memiliki pengetahuan yang luas atau pintar? Ketika anda tahu kalau ternyata orang tersebut pintar, anda akan segan kepadanya. Beda halnya dengan orang yang wawasannya dibawah anda.

Karena orang ngobrol itu yang dibutuhkan adalah informasi dari orang lain. Sehingga apabila orang tersebut tidak memiliki informasi yang bermanfaat, pastinya tidak akan disegani.

Pengetahuan yang luas juga berguna ketika anda sedang bicara di depan banyak orang. Dimana orang lain akan mendengarkan perkataan dari anda. Kalau misalnya pengetahuannya sempit, tentunya tidak akan didengarkan. 

Tidak Memberitahu Kekurangan

Kekurangan dalam diri anda tidak perlu anda beritahu kepada orang lain. Kecuali kalau memang kekurangan tersebut memang nampak di fisik anda.

Ketika seseorang mengetahui kekurangan anda, orang tersebut tidak akan tertarik lagi. Karena mengganggap anda juga masih belum layak atau tidak sesuai dengan kondisi yang ada. Kekurangan bisa membuat orang lain meng-under estimate. Jadi, tidak perlu anda memberitahu kekurang yang anda miliki.

Baca juga: Menjadi Orang yang Beruntung Setiap Waktu

Itulah beberap tips yang bisa anda coba untuk menjadi orang yang berwibawa dan disegani. Cobalah dengan orang yang baru anda kenal. Jangan mencobanya kepada orang yang sudah anda kenal. Karena pastinya mereka sudah tahu kapasitas dan kebiasaan anda sehari-hari.