Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Ciri-ciri Orang yang Berbohong

ciri-ciri orang berbohong

ciri-ciri orang yang berbohong - Rasanya semua orang pernah berbohong. Entah berbohong dalam skala kecil atau skala besar. Berbohong bisa digunakan untuk bahan bercandaan dan bisa untuk niat buruk.

Selain digunakan untuk keburukan, berbohong juga bisa digunakan untuk kebaikan. Misalnya berbohong untuk menyelamatkan diri atau orang lain yang sedang mendapat ancaman. Sehingga terpaksa berbohong untuk menyelamatkannya. Karena kalau tidak, nyawanya bisa terancam. Meskipun begitu, bohong tetap banyak dampak negatifnya. Tidak disarankan untuk berbohong terus-terusan.

Berbohong itu seperti candu. Ketika melakukannya sekali, makan akan ketagihan untuk melakukan kebohongan berikutnya. Bohong juga dapat merusak nama baik anda hingga hubungan pertemanan. Orang yang berbohong akan kehilangan banyak kepercayaan dari orang lain. Sehingga mereka sudah hilang kepercayaan dan respect.  

Berbohong untuk menutupi kesalahan atau keburukan hanya akan menjadi bola salju yang suatu saat akan pecah. Karena harus menutupi kebohongan saat ini dengan kebohongan berikut. Maka dari itu sebaiknya mulailah berhenti berbohong. Paksa diri anda untuk tidak berbohong lagi.

untuk itu silakan pelajari hal di bawah ini agar pengetahuan anda tentang kepribadian terhadap seseorang bertambah dan inilah ciri-ciri seseorang berbohong.

Baca juga: Cara Menghadapi Orang yang Sering Membicarakan Kita

Ciri-ciri Orang Berbohong

Orang yang berbohong akan kelihatan dari perkataan dan tingkah lakunya. Sehingga kebohongan dapat diamati. Dengan cara tersebut kita dapat mengantisipasi apabila ada orang yang berniat membohongi anda.

1. Tidak Berani Kontak Mata

Ciri-ciri orang berbohong bisa diamati dari matanya. Orang yang berbohong tidak akan berani untuk kontak mata secara langsung. Selalu menghindar dengan mengarahkan mata keatas atau kesamping. 

Apabila anda ingin mengetahui seseorang berbohong atau tidak, cobalah untuk mengajak bicara dan lihatlah matanya. Perhatikan apakah matanya berani melakukan kontak mata atau tidak.

2. Kalau Senyum Terpaksa

Berika suatu pertanyaan kepada orang yang anda duga berbohong. Orang tersebut akan memberikan respon dengan senyum palsu yang terpaksa.

Respon tersebut menandakan bahwa orang tersebut sedang ketakutan dan ada yang disembunyikan. Berikan pertanyaan yang menyudutkan orang tersebut atau pertanyaan yang dapat membuat orang tertawa. Sehingga nanti bisa terlihat bagaimana orang tersebut meresponnya.

3. Banyak Melakukan Gerak

Orang yang berbohong itu memiliki sesuatu hal yang disembunyikan. Sehingga membuatnya tidak tenang ketika bertemu orang.

Selain menggunakan mimik wajah, orang yang berbohong bisa diamati dengan tingkah lakunya. Mereka akan lebih banyak gerak karena merasa tidak nyaman dengan kebohongannya. Gerakan yang paling sering dilakukan adalah menggaruk kepala. Itu menandakan bahwa orang tersebut sedang berpikir keras untuk menyembunyikan kebohongannya.

4. Gaya Bicaranya yang Rumit dan Berbelit

Bicara orang yang berbohong biasanya akan terlihat gugup dan berbelit-belit. Karena ketakukan kebohongannya terbongkar. Itu menandakn ada sesuatu yang sedang disembunyikannya. Ajaklah bicara terus dan amati cara bicaranya. 

5. Ceritanya Tidak Sama

Orang yang berbohong tidak pernah tahu alur yang lengkap dan detail. Cobalah meminta untuk menceritakan kebohongan yang dilakukan menurut anda.

Saat itulah anda akan mendapati cerita yang muter-muter tidak terarah. Ketika disuruh mengulangi ceritanya, biasanya tidak sama perkatannya. Disitulah letak kebohongan yang dilakukannya.

6. Selalu Mengalihkan Pembicaraan

Ajaklah orang yang anda anggap bohong untuk membicarakan topik tertentu. Apabila orang tersebut mengalihkan topik pembicaraan, berarti orang tersebut berbohong. Karena merasa tidak nyaman diajak bicara topik tersebut. Merasa topiknya menyangkut tentang dirinya yang melakukan kebohongan. 

7. Wajah Terlihat Pucat dan Gugup

Seseorang yang melakukan kebohongan biasanya tidak nyaman ketika diajak bicara yang menyangkut dirinya. Sehingga akan terlihat gugup dan pucat karena bingung menyembunyikan kebohongannya. Amatilah wajahnya sebelum anda ajak bicara dan saat sedng anda ajak bicara. Apakah terlihat perubahan seperti pucat atau keringat dingin. Maka bisa jadi orang tersebut sedang berbohong.

Baca juga: Apa Akibat Percaya Diri yang Berlebihan?

Demikian tadi 7 ciri-ciri orang yang berbohong. Anda bisa mencobanya dengan teman atau kekasih anda. Apakah mereka sedang berbohong kepada anda atau tidak. Tidak ada yang bisa memastikan keakuratan 100% dengan cara diatas. Namun, itulah ciri-ciri yang mayoritas dilakukan saat berbohong. Jangan terburu-buru menuduh orang berbohong tanpa bukti-bukti yang kuat. Karena itu bisa merugikan anda sendiri. Carilah bukti yang kuat terlebih dahulu.