Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghadapi Persaingan yang Tidak Sehat, Kamu Harus Tahu

menghadapi persaingan tidak sehat

persaingan yang tidak sehat - Dalam hidup namanya persaingan tidak dapat dihindari. Karena setiap orang ingin menjadi yang terbaik di bidangnya. Untuk menjadi yang terbaik tentunya harus bersaing dengan banyak orang.

Persaingan merupakan sikap atau usaha yang selalu ingin berada di atas diantara semua orang. Entah anda masih sekolah ataupun sudah bekerja, pasti tidak jauh dari yang namanya persaingan. Misalnya ketika di sekolah bersaing untuk mendapatkan nilai tertingi. Merebutkan peringkat satu juga merupakan persaingan yang pasti dialami oleh siswa.

Kalau anda sedang bekerja, persaingan terjadi bisa antar pegawai ataupun antar usahanya. Para pegawai akan bersaing untuk menjadi yang terbaik. Sehingga bisa dilirik dan diangkat jabatannya. Sedangkan persaingan antar usaha pasti terjadi. Memberikan produk atau jasa yang terbaik supaya mendapatkan banyak pengunjung atau pembeli.

Namun yang namanya persaingan, tidak ada aturan yang tertulis mengenai batasan-batasannya. Sehingga terkadang banyak yang berlebihan. Bahkan ada yang menggunakan segala cara. Padahal cara tersebut tidak dibenarkan.

Contoh Persaingan yang Tidak Sehat

Persaingan yang tidak sehat adalah persaingan dengan cara menjatuhkan orang lain. Hanya supaya dirinya terlihat baik, hingga rela menjatuhkan orang tersebut. Menjelek-jelekan lawan kepada orang lain, melakukan fitnah kepada pesaing, dan tindakan tidak sportif lainnya.

Tindakan semacam itu bukan suatu tindakan yang dibenarkan. Bahkan hal tersebut menjadi kasta terendah dalam suatu persaingan.

Baca juga: Apa Akibat Kurang Percaya Diri?

Sejatinya persaingan itu berfokus kepada diri sendiri. Menjadi diri sendiri menjadi lebih baik sehingga layak diberi label yang terbaik. Atau bisa dengan membuat produk atau jasa yang baik. Sehingga tanpa menjatuhkan orang lain anda akan mendapatkan tempat di hati semua orang.

Cara Mengatasi Persaingan yang Tidak Sehat

Menghadapi suatu persaingan yang tidak sehat itu hanya butuh satu, yaitu tidak membalasanya dengan cara yang sama. Tidak perlu anda membalas cara curang pesaing anda yang mencoba menjatuhkan. Karena kalau anda membalasnya dengan cara yang sama, apa bedanya anda dengan orang tersebut. Malah anda akan terjebak ke lubang kebencian dan kedengkian.

Fokuslah kepada diri sendiri. Jangan terfokus ke orang lain. Fokus kepada orang lain hanya membuat anda iri dan tidak berkembang. Cari kekurangan apa yang membuat anda belum menjadi yang terbaik. Saat anda fokus terhadap diri sendiri, anda tidak akan terpancing dengan lawan yang memiliki niat menjatuhkan. Sehingga mereka pasti akan jengkel. Sedangkan anda terus berjalan melebihi mereka.

Berpikir kreatif. Kreativitas sangat dibutuhkan untuk menghadapi persaingan yang sangat ketat sekarang ini. Anda bisa hanya sekedar copy paste dari orang yang lebih sukses. Melainkan harus memberikan sentuhan yang berbeda. Yang akan menjadikan anda memiliki suatu ciri khas.

Kreativitas juga dibutuhkan untuk memecahkan setiap masalah sulit yang sedang dihadapi. Karena terkadang suatu masalah tidak bisa diselesaikan dengan cara yang sama. Sehingga butuh pemikiran-pemikiran kreatif untuk menyelesaikannya.

Intinya jangan malas untuk berpikir dan terus berusaha. Pesaing yang berniat menjatuhkan tidaknakan pernah senang melihat proses dan hasil anda.

Bersaing tidak harus menjatuhkan lawan. Namun dalam persaingan anda bisa memanfatkan celah lawan. Misalnya lawan ada yang kurang di bagian tertentu, anda bisa memanfaatkannya untuk memberikan yang lebih.

Baca juga: Cara Menjadi Percaya Diri dalam Sekejap

Dibutuhkan keterampilan dan kreativitas untuk mampu bersaing. Jangan pernah menyerah untuk menghadapi persaingan sat ini. Karena sekarang persaingan sangat ketat sekali.