Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Estimasi Artinya ? Pengertian Estimasi

Estimasi Artinya

patahsemangat.web.id - Seringkali aku mendengar istilah kata estimasi. Apalagi kalau kamu sedang di bangku sekolah atau kuliah. Pasti sering mendengar dan menggunakan estimasi. Namun tidak semua paham dengan makna dari kata estimasi. Wajar saja, kebanyakan orang hanya mengikuti tren saja tanpa tahu makna sebenarnya. Berikut ini aku mencoba mencari tahu pengertian dari estimasi. Inilah yang berhasil aku dapatkan.

Apa itu Estimasi?

Estimasi secara umum biasa digunakan untuk memperkirakan sesuatu. Misalnya untuk memperkirakan jarak atau waktu. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), estimasi bisa berarti perkiraan, penilaian atau pendapat. Digunakan untuk memperkirakan seperti biaya suatu proyek. Kemudian juga untuk memberi penilaian terhadap suatu hal.

Selain itu, ada seorang ahli yang mengatakan bahwa estimasi merupakan proses pengukuran kuantitatif yang nilainya bisa diukur dengan angka.

Kita sendiri sering kali memperkirakan suatu walaupun hasilnya belum tentu akurat. Misalnya menentukan jarak dari kota A ke kota B ditempuh dalam waktu berapa jam. Itu merupakan penggunaan istilah estimasi.

Aku tidak akan membahas secara detail mengenai estimasi. Hanya pengertian secara umum yang banyak digunakan orang. Karena kalau dijelaskan secara detail nanti justru membuat pusing dan rumit. Yang tadinya antusias mencari tahu malah jadinya pusing.

Estimasi sangat penting dalam melakukan suatu kegiatan. Karena suatu kegiatan pasti butuh perencaan dan anggaran untuk menjalankannya. Jadi, estimasi ini sangat membantu dalam menentukan biaya, waktu, dan menyusun jadwal.

Itulah sedikit informasi mengenai arti dari kata estimasi. Semoga bisa membantu kamu yang bingung mencari arti dari kata estimasi.

Baca juga: Mengatasi Rasa Sakit dalam Diri ala Marcus Aurelius